RSS

Rumus lengkap cara bermain rubik 3x3

Rumus lengkap cara bermain rubik 3x3 - Hallo sob, Rasanya aku sudah lama e ga posting di blog aku ni, hehehe, maklum lagi sedikit agak sibuk dan yang paling menyebalkan comp aku malah error, terpaksa deh absen beberapa hari belakangan ni dari dunia blogger. Ok gak usah banyak basa basi lagi la e. untuk postingan aku kali ini aku ingin memberikan sedikit tutorial tentang Rumus lengkap cara bermain rubik 3x3. Mungkin sobat semua sudah pada tau la ya yang namanya rubik tu, jadi aku gak usah menjelaskan lagi apa itu rubik.
sebenarnya aku sendiri pun masih baru sih dalam bermain rubik ini tapi untuk sekedar membagi pengetahuan dan dan share pengalaman jadi gak apa la ya.

Ok untuk menyelesaikan rubik 3x3 ini kalian harus memiliki sedikit kesabaran dan ketekunan kalau baru pertama kali memainkannya emang sedikit gampang2x susah, tapi kalau kalian sudah tau dan hafal rumus2xnya pasti akan terasa sangat mudah.

untuk pertama silahkan kalian lihat gambar Rotasi di bawah ini :
gambar 1

L = Putarlah rubik searah jarum jam di bagian sebelah (Kiri)
R = Putarlah rubik searah jarum jam di bagian sebelah (Kanan)
U = Putarlah rubik searah jarum jam di bagian (Atas)
D = Putarlah rubik searah jarum jam di bagian (Bawah)
F = Putarlah rubik searah jarum jam di bagian (Depan)
B = Putarlah rubik searah jarum jam di bagian (Belakang)


Seandainya terdapat Tanda ( ' )
 contoh = ( L' ) putarlah rubik sebelah kiri berlawan arah jarum jam
Dan seandainya Terdapat angka ( 2 )
contoh = ( L2 ) putarlah 180°

Ok kita mulai,
langkah pertama silahkan kalian buat pola ( + ) di rubik
untuk membuat pola ( + ) menurut aku tidak ada rumus khusus hanya pandai2x kita saja, tapi harus putih yang berada di tengah pola ( + ) tersebut untuk memudahkan dalam menyelasikan rubik.
lihat gambar :
gambar 2

selanjutnya setelah kalian menyelesaikan pola  ( + ) tersebut, balik rubik dengan pola ( + ) putih di bagian bawah dan warna kuning berada di bagian atas.
lihat gambar :
gambar 3

langkah selanjutnya kita akan menyelesaikan atau menyamakan warna rubik bagian bawah atau baris pertama terlebih dahulu.
lihat gambar :
gambar 4

untuk menyelesaikan warna tersebut terdapat beberapa rumus
1. seandainya kalian mendapatkan seperti gambar di bawah ini Putih nya di sebelah kanan
gambar 5

 Rumusnya adalah : F' U' F
pegang rubik dengan warna hijau di depan Kuning di atas Putih dibawah
Yang perlu kalian perhatikan adalah warna orange yang berada di samping putih, Orange harus sama dengan warna orange yang berada di tengah kiri rubik, begitu selanjutnya.

2. seandainya kalau seperti gambar di bawah ini putihnya berada di sebelah kiri.
gambar 6

 Rumusnya adalah : R U  R'
pegang rubik dengan warna Biru di depan Kuning di atas Putih dibawah
sama seperti di atas kalian perhatikan warna biru yang di samping putih, biru harus sama dengan biru yang berada di tengah, begitu selanjutnya.

3. dan seandainya warna putih berada di atas
lihat gambar 
gambar 7

Kita harus meletakan putihnya berada di samping seperti gambar Poin 1 dan 2 di atas
dan Rumusnya adalah : R U2 R'
selanjutnya lakukan seperti salah satu cara dengan rumus di atas. nah sekarang kita telah menyelesaikan baris pertama.

Sekarang kita akan melakukan atau menyamai warna rubik di bagian tengah atau baris ke 2
lihat gambar
gambar 8

1. seandainya kalian mendapati gambar seperti di bawah ini berarti kita akan menyelesaikan warna biru dan merah. karna merah berada di kanan.
Yang harus kalian perhatikan pertama adalah warna yang ingin kalian samakan harus sama dengan warna yang di bagian tengah, seperti gambar di bawah biru atas sama dengan biru tengah.
lihat gambat
gambar 9

dibagian atas tengah terdapat warna biru dan merah, berarti kita akan menyelesaikan baris ke 2 dengan warna biru dan merah terlebih dahulu
yang harus kalian lakukan adalah pegang rubik dengan warna Biru di depan, Merah dikanan, Kuning di atas, dan Putih di bawah
Rumusnya adalahU R U' R' U' F' U F

Nah itu seandainya kalau kita ingin menyelesaikan baris ke 2 di bagian kanan.
kalau untuk menyelesaikan baris ke 2 sebelah kiri laen lagi rumusnya

2. Seandainya kalian mendapati seperti gambar di bawah ini berarti kita akan menyelesaikan warna merah dan hijau, namun di sini sedikit berbeda di mana cara pertama kita menyelesaikan warna di bagian kanan, kini kita akan menyelesaikan warna di bagian kiri
perhatikan gambar,
gambar 10

disitu terdapat warna merah dan hijau, Sama seperti cara di atas warna hijau harus kita sejajarkan dengan hijau tengah, Perhatikan Warna Hijau (sebelum)
ada pun cara pertama pegang rubik dengan warna rubik hijau di depan, kuning diatas, merah dikiri , dan orange dikanan.
Rumusnya adalahU' L' U L U F U' F'

Ok sekarang kita telah menyelesaikan baris ke 2.

Setelah kalian menyelesaikan baris ke 2, sekarang coba kalian perhatikan bagian yang berwarna kuning
apakah sudah terdapat pola ( + ), tidak masalah berapa kubus yang berwarna kuning yang terpenting terdapat pola ( + ). seperti gambar di bawah ini.
gambar 11

seandai nya kalian sudah mendapatkan pola ( + ) kalian tidak perlu mengikuti cara berikut ini, ini hanya untuk yang belum mendapatkan pola ( + ) saja.
Kalau belum mendapatkan pola ( + ) tersebut silahkan ikuti cara di bawah ini,
Rumusnya adalah : F  U  R U' R' F'
lakukan beberapa kali sampai mendapati Pola ( + ),
Yang perlu di ingat saat kalian memutarnya beberapa kali kalian harus pastikan warna posisi depan nya selalu sama. Misalnya saat kalian memutar dengan warna biru di posisi depan putar lah beberapa kali dengan posisi biru selalu di depan.
jangan saat pertama memutar posisi depan biru dan putaran ke 2 posisi depan berwarna merah, kalau kalian melakukan itu pola ( + ) akan sulit di dapat kan dan bisa2x semua posisi rubik akan hancur.

Kalau sudah sekarang kita akan melanjutkan mengisi semua sudut2x dengan berwarna kuning tersebut sehingga terisi semua.
gambar 12

Cara nya gampang perhatikan gambar di bawah
gambar 13

gambar ke 1 disitu aku memegang dengan posisi depan berwarna biru dan terdapat kotak berwarna kuning di bagian unjung kirinya, ( betul )
gambar ke 2 disitu aku memegang dengan posisi yang salah, karna posisi warna kuningnya berada di sebelah kanan yang seharusnya berada di sebelah kiri seperti gambar pertama.
Rumusnya adalah : R U R' U R U2 R'
lakukan beberapa kali sampai seluruh bagian atasnya menjadi berwarna kuning.
pastikan kalian selalu memegangnya seperti itu, terdapat warna kuning di posisi unjung kirinya, dan posisi depan tidak mesti berwarna biru karna dapat berubah-ubah.

Langkah selanjutnya kita akan menyamai warna sisi-sisi samping unjungnya perhatikan gambar.
gambar 14

di gambar atas terlihat tidak ada warna yang sama dengan warna tengah di sisi ujung kiri dan kanan, warna Merah di bagian tengah seharusnya sama dengan warna sisi ujung kiri dan kanan dan begitu juga dengan warna hijau yang d bagian tengah seharusnya sisi unjung kiri dan kanan terdapat warna hijau.
nah untuk menyamakan warna di sisi unjung-ujung kiri dan kanan dengan warna tengah
Rumusnya adalah : R U2 R' U' R U2 L' U R' U' L
akan menjadi sperti gambar di bawah ini.
gambar 15

langkah selanjutnya adalah penyelesaian.
untuk langkah penyelesaian ini ada 2 rumus yang sedikit berbeda.
kalau kalian mendapati gambar seperti di atas atau di bawah ini berarti kalian harus melakukan rumus yang searah jarum jam.
Perhatikan lagi gambarnya :
gambar 16

Di gambar terlihat warna Orange terdapat di warna merah, warna merah terdapat di warna hijau, dan warna hijau terdapat di warna orange.
yang perlu kalian perhatikan adalah warna Orange, Merah, dan warna Hijau bagian atas, Karna ini cuma gambar jadi agak susah melihat warna nya sesuai dengan arah putaran jam, dan kalau kita memutar nya searah jarum jam dari atas akan sesuai dengan warnanya masing-masing, namun akan menghancurkan warna biru yang telah selesai
coba kalian perhatikan sekali lagi gambar di atas..
paham kan.??

Nah untuk penyelesaian nya lihat gambar
gambar 17

kalian harus memegang nya seperti gambar di atas, dengan posisi yang sudah jadi berada di sisi kiri tangan kalian.
Rumusnya Adalah : F2 U L R' F2 R L' U F2

bagitu sebaliknya seandainya kalian mendapati warna yang berlawan sama jarum jam. coba kalian memutarnya dari atas berlawanan arah jarum jam akan cocok namun akan merusak sisi yang telah selesai kalan kerja kan. dan kalau kalian memutar nya dari atas serah jarum jam tidak akan cocok.
Untuk Rumusnya adalah : F2 U' L R' F2 R L' U' F2

 Dan selesai.
gambar 18

Wah gak terasa ya ternyata panjang juga artikel aku kali ini,
Ok lah mungkin segitu aja dulu artikel aku tentang
Rumus lengkap cara bermain rubik 3x3,
dan untuk para master kalau membaca artikel aku ini tolong di koreksi jikalau ada penyampaian dalam tulisan aku ada yang salah.
sekian wasallam : 
http://eflianda.blogspot.com


Rumus Rubik 3x3 Untuk Pemula

Pertama kali melihat rubik saya langsung tertarik untuk memainkannya tetapi setelah memegang memutar-memutar ternyata sangat sulit. Justru sulit, saya lebih tertarik untuk memainkannya karena tidak banyak orng yang bisa,tapi jangan putus asa saya mempunyaii sulusi untuk itu.


   
Rumus Rubik 3x3 Untuk Pemula ini seperti kita ketahui rubik 3x3  adalah rumus permainan keahlian tangan dan konsentrasi ini mulai populer di kalangan masyarakat kita. Peminat Rubik 3x3 sedikit demi sedikit mulai meningkat baik dikalangan orang tua maupun anak - anak. Rubik 3x3 sendiriadalah sebuah teka-teki mekanik yang ditemukan pada tahun 1974 oleh pemahat dan profesor arsitektur Hungaria, Ernő Rubik. Kubus ini terbuat dari plastik dan terdiri atas 26 kubus kecil yang berputar pada poros yang terlihat. Setiap sisi dari kubus ini memiliki sembilan permukaan yang terdiri dari enam warna yang berbeda. Ketika teka-teki ini terpecahkan, setiap sisi dari kubus ini memiliki satu warna dan warna yang berbeda dengan sisi lainnya.

Kubus ini dibuat kembali dan dipasarkan di kawasan eropa pada Mei, 1980. Rubik's dianggap merupakan mainan yang laris banyak terjual di dunia, dengan sekitar 300 juta kubus Rubik's termasuk imitasinya terjual.

Rekor tercepat dalam menyelesaikan Kubus Rubik's (Rekor Indonesia) berhasil dicetak pada acara HUT MURI (Museum Rekor-Dunia Indonesia) pada tanggal 31 Januari 2007 di Hotel Grand Candi, Semarang. Catatan waktu yang dibukukan adalah 19,33 detik atas nama Abel Brata Susilo.

Rekor Dunia dalam menyelesaikan Kubus Rubik's dengan mata tertutup berhasil dicetak pada kompetisi Jakarta Open 2010 pada tanggal 31 Januari 2010 di FX Building, Jakarta. Rubik berukuran 3x3 dengan mata tertutup jumlah terbanyak yaitu 16 buah dalam waktu 57 menit diselesaikan atas nama Muhammad Iril dari Indonesia. Sebelumnya rekor dunia kategori ini dipegang Tong Jiang dari Cina dengan 15 kubus Rubik. Tidak hanya Muhammad Iril, Indonesia juga menempatkan putra bangsa di peringkat ketiga rekor dunia yaitu Wicaksono Adi dengan menyelesaikan 11 kubus Rubik tanpa melihat dalam waktu 55 menit 10 detik. Rekor Wicaksono dipecahkan saat Indonesia Open 2009. Semua rekor ini tercatat di Asosiasi Kubus Dunia (WCA).

Udah beberapa hari belajar bermain rubic 3x3 akhirnya saya nemu juga nih rumus dan tutorialnya,
Dan berikut adalah tutor singkat yang rachmat peroleh dari http://www.giswa.co.cc
Rubik adalah sebuah permainan anak kecil yang kini sedang ngetrend dikalangan masyarakat. Ya, walaupun mainan ini seperti permainan anak kecil, namun justru anak-anak kecil tidak dapat menyelesaikannya dengan mudah. Karena permainan ini memutar logika dan otak anda. Siapapun pasti dibuat pusing oleh rubik ini, termasuk saya.
Sebelum anda memulai, ada baiknya anda mengetahui istilah-istilah yang akan digunakan dalam rumus kubik nanti. Photobucket
Nah, selanjutnya anda tinggal mengikuti step yang telah saya buat di bawah ini.

Step 1

- Membuat cross (+) putih dengan center kuning.
- Mencocokan warna di bawah tanda cross kemudian memutarnya (F2) sehingga cross putih sekarang bercenter putih.

Step 2

- Membuat bagian bawah berwarna putih semua sekaligus “T”
– Rumus : R U R’
- Mencocokkan 2 baris warna di bagian bawah.
–Rumus : U R U’ R’  U’ F’ U F

Step 3

- Membuat cross kuning bercenter kuning.
(i) Jika ada bagian kuning yang membentuk huruf L, maka letakkan L tersebut di pojok kanan bawah (terbalik tentunya)
– Rumus : f R U  R’ U’ f’
(ii) Jika bagian kuning membentuk garis (3 warna sama sebaris) dengan melewati center, maka letakkan garis dalam posisi horisontal.
– Rumus : F R U  R’ U’ F’
(iii) Jika tidak membentuk apa-apa (hanya ada 1 titik kuning di center).
– Rumus : F R U R’ U’ F’  f R U R’ U’ f’

Step 4

- Membuat bentuk “ikan” terlebih dahulu.
– Cari warna kuning pada bagian F pojok kanan atas.
– Rumus : R U R’ U   R U2 R’
- Membuat bagian atas menjadi seluruhnya berwarna kuning.
– Rumus : R U R’ U  R U2 R’

Step 5

- Membuat kedua ujung atas F menjadi sama warna.
(i) Jika sudah ada sisi yang sama, letakkan di kiri.
(ii) Jika tidak lanjutkan saja.
– Rumus : R U2 R’ U’  R U2 L’ U  R’ U’ L
- Memindahkan bagian tengah atas F sehingga seluruh sisi menjadi sama warna.
(i) Jika bagian yang akan dipindahkan berlawanan arah dengan jarum jam, maka gunakan U’ dalam rumus berikut.
(ii) Jika bagian yang akan dipindahkan searah dengan jarum jam, maka gunakan U dalam rumus berikut.
– Rumus : F2 (U/U’) L R’  F2 R L’ (U/U’) F2

















Dasar-dasar
Pertama mari kita tahu apa bagian yang berbeda dari kubus disebut. Satu sisi kubus disebut wajah. Ada enam wajah pada kubus, depan, belakang, bawah, atas, kiri, dan kanan. Seluruh bagian yang melekat pada setiap wajah yang Anda dapat mengubah disebut sepotong. Potongan-potongan individual sudut, bagian tepi, dan potongan pusat.
http://www.speedcubing.com/chris/images/faces.gif

http://www.speedcubing.com/chris/images/pieces.gif


Catatan
Agar saya dapat memberitahu Anda bergerak khusus untuk melakukan pada kubus Anda Anda harus dapat membaca apa yang saya katakan. Notasi Saya akan menggunakan terlihat seperti ini, F f B b L l R r U u D d. Huruf berdiri untuk wajah luar seperti wajah depan, belakang wajah, wajah, dll huruf rendah berdiri untuk wajah tepat di belakang orang-orang luar, seperti wajah depan bagian dalam, wajah kembali batin, batin di wajah, dll Berikut adalah. sebuah diagram untuk menunjukkan beberapa adalah wajah masing-masing dan bagaimana masing-masing bisa berubah. Wajah-wajah menghidupkan garis-garis gelap.
http://www.speedcubing.com/chris/images/faces-ex1.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/faces-ex2.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/faces-ex3.gif


Ketika melakukan langkah surat dengan sendirinya berarti langkah searah jarum jam R berarti untuk mengubah wajah yang tepat searah jarum jam.. F akan berarti untuk mengubah wajah depan dalam searah jarum jam. 'R berarti untuk mengembalikan penghitung wajah kanan searah jarum jam. Sebuah appostraphy samping surat itu menunjukkan giliran berlawanan. R ² berarti untuk mengubah wajah kanan dua kali, baik dua putaran searah jarum jam atau dua putaran berlawanan, namun Anda ingin melihatnya. Setiap kali membuat bergerak melakukan langkah seolah-olah Anda sedang mencari langsung di wajah itu. Misalnya B bergerak 'akan dilakukan seolah-olah Anda sedang mencari langsung di wajah kembali. Langkah d 'akan dilakukan seolah-olah Anda sedang mencari langsung di wajah bawah. Berikut adalah contoh dari
algoritma yang saya mungkin memberikan.

FL 'U ² l'

Berikut adalah apa yang akan Anda lakukan untuk kubus Anda,
http://www.speedcubing.com/chris/images/move.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/move1.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/move2.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/move3.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/move4.gif


Sementara akan melalui solusi saya beberapa diagram mungkin memiliki daerah abu-abu pada mereka, di sini adalah contoh,
http://www.speedcubing.com/chris/images/gray-ex.gif

Daerah-daerah abu-abu menunjukkan warna yang Anda tidak perlu khawatir tentang dalam langkah tertentu. Dalam contoh ini ini adalah gambaran tentang bagaimana untuk menempatkan bagian tepi biru kuning di samping bagian tepi lainnya biru kuning di wajah atas. Semua warna abu-abu adalah bagian dari kubus yang tidak melibatkan bergerak potongan kuning biru di samping bagian kuning biru lainnya sehingga mereka harus diabaikan untuk langkah ini.

















Bagian 1: Langkah pertama dalam memecahkan kubus Anda adalah Anda harus memecahkan pusat sehingga Anda dapat memiliki titik acuan untuk menyelesaikan sisa kubus. Trik untuk ini adalah bahwa Anda harus mendapatkan semua pusat di tempat yang tepat (jika pusat tidak benar berbaris satu sama lain maka tepi dan sudut tidak akan berbaris baik dan itu membuat kekacauan besar yang nyata). Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyelesaikan dua pusat berlawanan. Jika Anda tahu dari dua warna yang berlawanan pada kubus Anda itu membuat hal-hal sedikit lebih mudah. Warna-warna yang berlawanan pada kubus saya ini, dalam kasus Anda adalah, sama biru-putih, hijau-kuning, merah-oranye. Jika Anda tidak yakin dari dua warna yang berlawanan pada kubus Anda maka di sini adalah cara untuk mengecek untuk memastikan Anda mendapatkan dua warna yang berlawanan. Ambil dua sudut, masing-masing dengan mengatakan merah dan kuning dalam skema warna mereka. Anda dapat memilih setiap dua sudut tapi pastikan setiap sudut cublet memiliki dua warna yang sama. Anda tidak harus memindahkan mereka hanya melihat mereka. Sekarang bahwa Anda memiliki kedua cublets jika Anda adalah untuk memecahkan mereka maka mereka akan berada di ujung yang sama, hanya sisi berlawanan dari tepi itu (yaitu salah satu sudut akan menyentuh wajah atas dan yang lain akan menyentuh wajah bagian bawah). Sekarang hanya melihat dua warna lain pada masing-masing potongan dan Anda memiliki dua warna yang berlawanan. Berikut adalah contoh untuk membersihkan ini. Katakanlah saya memilih potongan sudut dua, merah-kuning-biru, dan merah-kuning-putih. Sekarang jika saya adalah untuk memecahkan dua sudut maka bagian merah-kuning akan berada di ujung yang sama kubus. Hal ini akan menempatkan mereka pada sisi berlawanan dari tepi itu sehingga masing-masing menyentuh wajah yang berbeda (baik bagian bawah atau atas). Sekarang aku tahu bahwa biru dan putih adalah bertentangan pada bahwa kubus tertentu karena mereka berada pada sisi berlawanan dari kubus ketika sudut yang dipecahkan.

Top View
Bawah View
http://www.speedcubing.com/chris/images/4cube-ex1.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/4cube-ex2.gif




Bagian 2: Sekarang Anda tahu dua warna yang berlawanan Anda harus memecahkan dua pusat. Mari kita tetap dengan dua warna yang berlawanan biru dan putih untuk contoh ini (warna-warna ini mungkin tidak berlawanan pada kubus Anda sehingga jika mereka tidak hanya menggunakan dua warna yang). Langkah pertama adalah membuat dua baris setiap warna. Dapatkan dua potong ke posisi ini pertama,
http://www.speedcubing.com/chris/images/center1.gif

Dalam posisi ini jangan
l pindah untuk mendapatkan bagian biru dari atas berbaris untuk satu di bagian depan.
http://www.speedcubing.com/chris/images/center2.gif

Sekarang untuk ingat di mana biru perlu pergi melakukan langkah F ² untuk mendapatkannya ke dalam irisan u. Bila Anda memiliki barisan yang solid di slice u berpikir bahwa yang ditetapkan sebagai warna pusat untuk wajah itu. Ini membantu untuk ingat di mana untuk posisi tempat pusat dalam hubungan satu sama lain.


Sekarang Anda harus memecahkan baris putih. Ada tiga hal yang bisa terjadi dari sini. Entah Anda sudah memiliki deretan pusat putih diselesaikan, dalam kasus yang mendapatkan itu ke wajah yang berlawanan sebagai biru dan mengaturnya (memasukkannya ke dalam potongan u) Jika kubus Anda sudah memiliki deretan putih diselesaikan kemudian setelah Anda mengaturnya
klik di sini , atau Anda akan memiliki 2 pusat putih tidak di bagian belakang atau depan wajah, atau Anda akan memiliki 3 putih di wajah kembali, dan satu putih tidak di bagian belakang atau bagian depan.


1. Jika Anda memiliki dua pusat putih tidak di belakang atau wajah depan kubus Anda mendapatkan terlihat seperti ini,
http://www.speedcubing.com/chris/images/center3.gif
Tampilan Depan
Kembali Lihat
http://www.speedcubing.com/chris/images/center3.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/center6.gif

Dari sini melakukan bergerak f 'd'. Ini benar-benar akan memecahkan pusat putih.
Pergi ke # 3 .


2. Sekarang jika Anda hanya memiliki satu pusat putih di bagian tengah dan 3 pusat putih pada wajah kembali di sini adalah apa yang Anda lakukan. Pertama-tama melakukan F bergerak. Hal ini mendapat baris biru keluar dari jalan untuk menghidupkan slice l. Sekarang mendapatkan potongan satu putih di bagian tengah dan mendapatkan ke posisi dalam diagram. Sekarang giliran wajah kembali untuk mendapatkan 3 putih ke posisi pada diagram. Sekarang lakukan l bergerak. Ini memecahkan baris putih. Sekarang jangan bergerak 'l' U Ini benar-benar akan memecahkan pusat putih.
Tampilan Depan
Kembali Lihat
http://www.speedcubing.com/chris/images/center4.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/center5.gif


3. Sekarang kubus Anda harus memiliki pusat putih dipecahkan dan baris biru di wajah yang berlawanan. Jika tidak maka mulai dari awal . Dari sini Anda perlu untuk memecahkan baris biru terakhir. Ada tiga hal yang bisa terjadi dari sini. Anda juga akan memiliki baris biru terakhir yang diselesaikan namun di bagian tengah, atau Anda akan memiliki 2 buah center biru di bagian tengah, atau Anda akan memiliki satu bagian pusat biru di bagian tengah dan satu di bagian depan.

I. Jika kubus Anda memiliki baris biru sudah diselesaikan tetapi di bagian tengah maka Anda harus melakukan salah satu dari dua langkah.

Jika kubus Anda terlihat seperti ini kemudian melakukan hal ini L bergerak ² d 'L ² d. Langkah ini akan menempatkan baris biru di wajah u kemudian pindah baris putih untuk wajah yang berlawanan dari kubus, mengembalikan baris biru ke wajah d kemudian memecahkan pusat.
Tampilan Depan
Kembali Lihat
http://www.speedcubing.com/chris/images/center23.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/center24.gif


Jika kubus Anda terlihat seperti ini kemudian melakukan langkah ini R ² d R ² d '. Langkah ini akan menempatkan baris biru di wajah u kemudian pindah baris putih untuk wajah yang berlawanan dari kubus, mengembalikan baris biru ke wajah d kemudian memecahkan pusat.
Tampilan Depan
Kembali Lihat
http://www.speedcubing.com/chris/images/center27.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/center28.gif


II. Jika kubus Anda memiliki dua potongan terakhir center biru di bagian tengah kemudian mendapatkan kubus Anda terlihat seperti ini,
Tampilan Depan
Kembali Lihat
http://www.speedcubing.com/chris/images/center7.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/center8.gif


Dari sini melakukan langkah f 'L ² d' L ² d. Ini akan memecahkan baris biru kemudian memindahkannya ke wajah u, memindahkan baris putih ke sisi berlawanan dari kubus, memindahkan baris biru kembali ke slice d, kemudian memindahkan mereka kembali di tempat pusat mereka.

III. Jika kubus Anda memiliki salah satu bagian pusat biru di wajah depan dan satu di bagian tengah kemudian mendapatkan kubus Anda terlihat seperti ini,
Tampilan Depan
Kembali Lihat
http://www.speedcubing.com/chris/images/center25.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/center26.gif


Dari sini melakukan langkah F d F 'd'. Langkah ini akan memecahkan baris biru terakhir dan kemudian langkah terakhir mengembalikan dua pusat.

Kubus Anda sekarang harus terlihat seperti ini,
Tampilan Depan
Kembali Lihat
http://www.speedcubing.com/chris/images/center9.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/center10.gif


4. Sekarang bahwa Anda memiliki dua pusat pertama diselesaikan Anda harus melakukan empat lainnya. Untuk langkah selanjutnya biru dan putih menjadi wajah atas dan bawah. Untuk contoh-contoh ini saya akan menggunakan putih sebagai wajah atas dan biru sebagai wajah bawah. Sekarang Anda harus memecahkan pusat depan dan belakang. Lakukan hal yang sama Anda lakukan dengan dua sudut yang Anda lakukan di awal untuk menemukan dua pusat berlawanan lebih pada kubus Anda. Untuk langkah ini, Anda tidak perlu khawatir tentang menggunakan sudut untuk posisi pusat yang tepat masih akan bekerja. Sekarang bahwa Anda memiliki dua warna yang berlawanan lebih pada kubus Anda mereka menjadi pusat depan dan belakang. Untuk contoh ini saya akan menggunakan hijau dan kuning sebagai pusat berlawanan berikutnya untuk memecahkan.

Ada 4 hal yang dapat terjadi pada saat ini. Entah kedua pusat akan dipecahkan dan di tempat yang tepat (
pergi ke # 5 ), mereka akan diselesaikan dan di tempat yang salah, Anda akan memiliki baris yang solid setiap warna tapi pusat tidak diselesaikan, potongan-potongan untuk pusat akan harus buru-buru mana-mana dengan baris padat sedikit atau tidak ada.


I. Jika kubus Anda memiliki pusat dipecahkan tetapi tidak di tempat yang tepat (tidak di sisi berlawanan dari kubus) kemudian tahan kubus Anda seperti pada diagram di bawah ini dan melakukan langkah d 'B ² ² d L ² d'. Warna pada kubus Anda dapat beralih dari diagram ini. Alih-alih memiliki hijau di wajah depan dan kuning di wajah kiri Anda dapat memiliki kuning di wajah depan dan hijau di wajah kiri. Dalam kasus yang langkah yang sama masih akan bekerja.
http://www.speedcubing.com/chris/images/center11.gif


II. Jika kubus Anda memiliki 2 baris dari setiap warna dipecahkan kemudian mendapatkan kubus Anda terlihat seperti ini
Tampilan Depan
Kembali Lihat
http://www.speedcubing.com/chris/images/center12.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/center13.gif

Titik hitam di wajah U di kedua diagram di tempat yang sama pada kedua diagram itu hanya digunakan untuk membantu menunjukkan bagaimana berorientasi kubus

Dari sini melakukan langkah d untuk memecahkan pusat hijau dan kuning.


III. Jika kubus Anda memiliki baris padat sedikit atau tidak ada hijau atau kuning maka di sini adalah apa yang Anda lakukan. Pertama, Anda harus mengatur setiap baris yang Anda miliki. Jika Anda memiliki satu baris hijau dan satu baris kuning pastikan untuk mengatur mereka di sisi berlawanan dari kubus. Sekarang Anda harus menyelesaikan sisa potongan. Anda melakukan ini pada dasarnya dengan cara yang sama Anda memecahkan baris biru dan putih pada awalnya, hanya sekarang Anda melakukannya tanpa menggunakan wajah atas atau bawah. Berikut ini adalah contoh,
http://www.speedcubing.com/chris/images/center-ex3.gif


Dalam contoh ini Anda akan melakukan langkah d F 'd'. Ini akan memecahkan baris kuning kemudian meletakkannya di bagian depan. Setelah Anda memiliki 4 baris melakukan hal yang sama seperti di
II. untuk memecahkan pusat. Berikut adalah contoh untuk jika Anda sudah memiliki satu set baris
http://www.speedcubing.com/chris/images/center-ex2.gif


Di sini Anda akan melakukan langkah d 'L d. Ini akan memecahkan baris hijau di muka L kemudian memindahkannya ke wajah depan untuk memecahkan pusat. Hanya main-main dengan ini bergerak untuk memecahkan pusat. Mungkin Anda bahkan akan datang dengan langkah baru beberapa. Sebuah petunjuk pada apakah Anda memiliki satu pusat dipecahkan dan hanya satu baris atau tidak ada baris diselesaikan dengan warna lainnya. Tahan pusat yang sehingga pada wajah depan dan biru dan putih di bagian bawah dan atas wajah kemudian melakukan L bergerak d '² ini akan mengatur salah satu baris dalam menghadapi L. Ini akan membantu Anda untuk menggunakan wajah d untuk membantu Anda memecahkan pusat lainnya. Setelah Anda memiliki dua baris dari masing-masing warna kemudian merujuk ke
II. untuk menyelesaikan dua pusat. Pada dasarnya Anda harus berpikir dalam baris. Setelah Anda memiliki baris selesai ingat untuk memasukkannya dalam menghadapi u. Dengan cara itu Anda memiliki ruang untuk menggunakan wajah d untuk melakukan semua gerakan Anda. Saya hampir setiap penggunaan wajah u untuk melakukan pekerjaan di salah satu langkah. Anda dapat menyesuaikan ini sesuai dengan keinginan Anda tapi aku lebih suka melakukan segala hal pada bagian bawah kubus.


5. Sekarang Anda harus memiliki 4 pusat dipecahkan. Menggunakan sudut ganda periksa untuk memastikan kedua pasangan pusat diselesaikan adalah warna yang berlawanan. Sekarang Anda memiliki dua pusat tersisa untuk memecahkan dan mereka harus di sisi berlawanan dari kubus. Jika Anda tidak memiliki ini pada kubus Anda kemudian kembali ke mana langkah terbaik menyerupai kubus Anda dan coba lagi. Sekarang dua wajah yang belum terpecahkan menjadi depan dan belakang wajah. Untuk contoh-contoh ini saya akan menggunakan oranye sebagai wajah depan dan merah sebagai wajah kembali. Sebelum Anda mulai memecahkan pusat-pusat Anda harus memastikan Anda memecahkan mereka ke wajah yang benar. Untuk melakukan ini, Anda harus memecahkan salah satu sudut yang menyentuh dua pusat dipecahkan. Dari sini Anda tahu warna wajah dengan pusat belum terpecahkan. Berikut ini adalah contoh,
http://www.speedcubing.com/chris/images/center14.gif


Sekarang Anda akan tahu bahwa daerah abu-abu gelap dan oranye wajah yang berlawanan (wajah belakang) merah. Ada 6 posisi kubus Anda bisa masuk sekarang. Entah semua pusat sekarang dipecahkan dan di tempat yang tepat (
Pergi ke langkah 2 ), semua pusat diselesaikan tapi yang merah dan oranye yang diaktifkan, Anda memiliki dua baris padat setiap warna tetapi mereka tidak semua di sebelah kanan wajah, Anda memiliki pola kotak-kotak pada kedua wajah, Anda memiliki 3 warna masing-masing pada satu wajah dan salah satu warna lain pada wajah yang sama, atau Anda memiliki pola kotak-kotak pada satu wajah dan dua baris di sisi lain.

I. Jika semua pusat Anda diselesaikan tapi yang merah dan oranye yang diaktifkan kemudian tahan kubus Anda sehingga pusat-pusat yang perlu diaktifkan berada di depan dan belakang wajah seperti dalam diagram
Tampilan Depan
Kembali Lihat
http://www.speedcubing.com/chris/images/center29.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/center30.gif


Dari sini melakukan langkah d ² ² F B ² ² d. Ini akan mengganti pusat oleh baris.

II. Jika kubus Anda memiliki barisan yang solid setiap warna pada kedua bagian depan dan belakang wajah kemudian mendapatkannya untuk terlihat seperti ini
Tampilan Depan
Kembali Lihat
http://www.speedcubing.com/chris/images/center15.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/center16.gif


Dari sini melakukan langkah d ² ² B d ² ini akan memecahkan pusat merah dan oranye.

III. Anda juga mungkin memiliki pola kotak-kotak dari kedua wajah seperti ini, * CATATAN * Sebelum melakukan langkah ini memeriksa untuk memastikan bahwa kubus Anda terlihat seperti diagram ini. Jika tidak kemudian hidupkan hanya kembali dan / atau depan wajah untuk mendapatkan ke posisi ini.
Tampilan Depan
Kembali Lihat
http://www.speedcubing.com/chris/images/center19.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/center20.gif


Sekarang lakukan langkah d ² FB d ². Hal ini akan memecahkan baik pusat oranye dan merah dan membuat mereka di tempat yang tepat. Sekali lagi perhatikan bahwa langkah ini hanya bekerja bila kubus Anda berada dalam posisi diagram. Jika langkah tersebut tidak bekerja maka pastikan bahwa pusat terlihat persis seperti yang mereka lakukan dalam diagram.

IV Jika kubus Anda memiliki tiga dari satu warna dan satu warna yang berlawanan pada kedua bagian depan dan belakang wajah maka ada dua hal yang bisa terjadi dari sini.. Anda juga akan memiliki tiga oranye dan satu merah pada wajah depan atau tiga merah dan satu jeruk di wajah depan. Pada dasarnya dalam langkah ini Anda juga memiliki sebagian dari warna wajah depan pada wajah depan atau sebagian besar warna wajah kembali pada wajah depan. Memecahkan sudut yang menghubungkan wajah depan, wajah kiri, dan wajah yang tepat dalam kaitannya dengan bagaimana Anda memegang kubus sekarang. Sekarang Anda tahu warna wajah depan.

Jika potongan tengah tiga di bagian depan yang seharusnya berada di bagian depan (oranye dalam contoh saya) kemudian mendapatkan kubus Anda terlihat seperti ini
Tampilan Depan
Kembali Lihat
http://www.speedcubing.com/chris/images/center17.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/center18.gif


Dari sini melakukan langkah d ² F 'd ². Ini akan membuat dua baris terakhir untuk pusat kemudian menyelesaikannya. Ini akan memecahkan pusat merah dan oranye.

Jika Anda memiliki potongan kubus pusat tiga dari wajah kembali di bagian depan (merah dalam contoh saya) kemudian mendapatkan kubus Anda terlihat seperti ini
Tampilan Depan
Kembali Lihat
http://www.speedcubing.com/chris/images/center21.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/center22.gif


Dari sini melakukan langkah d ² F 'B ² ² d. Ini akan mendapatkan semua potongan ke dalam baris yang solid warna mereka kemudian memecahkan pusat.

V. kubus Anda mungkin memiliki pola kotak-kotak pada satu wajah dan baris yang solid pada wajah lainnya. Jika tidak memutar F dan / atau B untuk mendapatkan wajah kubus Anda seperti diagram, (* CATATAN * Sebelum melakukan langkah ini memeriksa untuk memastikan bahwa kubus Anda tampak persis seperti ini diagram. Jika tidak kemudian hidupkan kembali dan hanya / atau depan wajah untuk mendapatkan ke posisi ini).
Tampilan Depan
Kembali Lihat
http://www.speedcubing.com/chris/images/center15.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/center31.gif


Sekarang lakukan langkah d ² B 'd ² B d ² ² B d ². Ini akan mendapatkan potongan ke posisi dari nomor
IV dan kemudian menyelesaikannya dengan cara yang sama. Jika langkah tersebut tidak berhasil maka Anda mungkin tidak memiliki potongan-potongan di tempat yang sama persis seperti diagram. Cobalah untuk menemukan langkah yang paling menyerupai kubus Anda dan coba lagi.

Ikhtisar

Sekarang kubus Anda akan terlihat seperti ini,
Front-Top View
Back-Bawah
http://www.speedcubing.com/chris/images/center-solved1.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/center-solved2.gif


Sekarang Anda telah memecahkan kubus Anda 1/3 dari jalan! Hanya 2 langkah lagi untuk pergi! Sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya memecahkan salah satu sudut dengan itu tiga pusat dan periksa untuk memastikan ketiga berada di tempat yang tepat. Kemudian, jika Anda tahu warna berlawanan Anda, Anda dapat melihat wajah yang berlawanan dari masing-masing bagian depan wajah mereka untuk memastikan pusat yang dipecahkan. Jika pusat Anda tidak berbaris maka Anda akan memiliki waktu yang sangat sulit dalam langkah 3.
Jangan lupa untuk memeriksa dua kali!
http://www.speedcubing.com/chris/images/check.gif
















Bagian 1: Dalam langkah ini Anda akan menyelesaikan membuat Anda bergegas 4x4x4 kubus menjadi kubus 3x3x3 bergegas. Dalam langkah ini Anda akan menempatkan semua potongan tepi sebelah potongan yang berhubungan tepi dan membuat satu kelompok tepi solid untuk setiap pasangan. Setelah Anda telah memecahkan semua kelompok tepi Anda akan dapat memecahkan kubus Anda seolah-olah itu sebuah kubus rubik yang normal itu (3x3x3), kecuali untuk beberapa situasi yang saya akan memberitahu Anda bagaimana untuk memperbaikinya pada langkah 3. Langkah ini tidak akan butuh waktu lama untuk menjelaskan karena pada dasarnya ide yang sama dilakukan berulang-ulang. Pertama Anda harus tahu apa bagian dari kubus akan melakukan apa.
Ujung Grup
Diagram ini menunjukkan di mana semua kelompok berada di tepi kubus Anda setelah itu dipecahkan
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges1.gif

Meskipun mungkin tampak seperti langkah ini akan rumit itu benar-benar yang paling mudah menurut saya. Pertama-tama di sini adalah bagaimana Anda harus "melihat" kubus ketika Anda melihat hal itu.
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges-view.gif

Kelompok tepi apapun di U atau D wajah Anda harus berpikir sebagai disimpan. Pada langkah pertama ketika Anda menetapkan baris bagian pusat di slice u ini adalah jenis hal yang sama untuk langkah ini. Setelah Anda mengatasi kelompok tepi memasukkannya ke dalam U atau menghadapi D. Setelah tepi adalah baik dalam U atau D wajah maka pastikan untuk tidak menggunakannya lagi. Setelah mereka disimpan Anda hanya bisa meninggalkan mereka sendirian. Tepi disimpan diwakili oleh abu-abu gelap menengah dalam diagram. Semua gelap kelompok tepi abu-abu adalah tepi bekerja. Mereka adalah orang yang akan melakukan pekerjaan yang sebenarnya dengan. Hal ini di "bagian tengah" dari d dan irisan u di mana Anda akan memecahkan kelompok tepi. Sekarang untuk bergerak untuk menyelesaikan tepi.

Bagian 2: Sebelum kita bahkan mulai Anda perlu untuk menyimpan setiap kelompok tepi dipecahkan bahwa Anda memiliki (menempatkan mereka baik dalam D atau wajah U). Sekarang Anda perlu untuk menyelesaikan semua kelompok ujung lainnya. Pada dasarnya apa yang perlu Anda lakukan adalah mendapatkan dua potong, yang dipisahkan, dari kelompok tepi yang sama dan menempatkan satu di slice u dan satu di slice d dan kemudian memecahkan mereka dari sana. Strategi dasar untuk langkah ini adalah untuk memecahkan kelompok tepi dan menyimpannya baik dalam U atau menghadapi D. Kemudian hanya memilih dua potong tepi lebih, yang termasuk dalam kelompok yang sama tepi, dan menyelesaikannya. Setiap kali Anda menyelesaikan sebuah kelompok tepi dan menyimpannya kemudian hanya beralih ke kelompok lain tepi. Setelah Anda telah memecahkan semua tepi kecuali untuk empat tepi bekerja Anda harus menggunakan satu set bergerak untuk memecahkan empat dan kemudian Anda akan siap untuk melanjutkan ke langkah 3.

1. Untuk menempatkan kelompok tepi dipecahkan ke D atau wajah U ada dua langkah yang perlu Anda ketahui.

I. Untuk menempatkan tepi dipecahkan ke wajah U pegang kubus Anda seperti ini,
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges23.gif
Potongan-potongan tepi gelap abu-abu dalam diagram ini dan dalam diagram berikut merupakan kelompok tepi terpecahkan

Pastikan ketika melakukan langkah ini bahwa Anda memiliki sebuah kelompok tepi terpecahkan dalam posisi yang sama sebagai bagian tepi abu-abu gelap dalam diagram. Sekarang dari sini melakukan 'U' L L bergerak. Ini akan memindahkan kelompok tepi dipecahkan ke wajah U dan kemudian menggantinya dengan kelompok tepi terpecahkan.

II. Untuk memindahkan kelompok tepi dipecahkan ke wajah D terus kubus Anda seperti ini,
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges24.gif

Pastikan ketika melakukan langkah ini bahwa Anda memiliki sebuah kelompok tepi terpecahkan dalam posisi yang sama sebagai bagian tepi abu-abu gelap dalam diagram. Sekarang dari sini melakukan langkah LDL '. Ini akan memindahkan kelompok tepi dipecahkan ke wajah D dan kemudian menggantinya dengan kelompok tepi terpecahkan. Potongan d dipindahkan banyak selama langkah ini dan kadang-kadang kubus Anda tidak akan memiliki pusat dipecahkan tetapi dalam baris. Setelah Anda telah memecahkan semua tapi ujung-ujungnya akan bekerja Anda memecahkan pusat lagi. Hanya pastikan untuk melakukan bergerak hati-hati atau baris akan dibagi menjadi potongan-potongan asli mereka dan kemudian Anda harus memecahkan pusat lagi.

2. Kubus Anda mungkin memiliki dua sisi yang berdekatan dalam posisi di diagram. Jika mereka beralih (Bagian tepi pada slice d adalah di sebelah kanan dan bagian dalam potongan u adalah di sebelah kiri) kemudian hanya mengubah slice d sampai kubus Anda terlihat seperti diagram.
Tampilan Depan
Kanan Wajah View
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges2.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges3.gif

Dari sini memegang kubus seperti pada diagram tampilan depan. Sekarang lakukan langkah d RU 'R' d '. Apa langkah yang dilakukan adalah untuk memecahkan kelompok tepi, kemudian memindahkannya ke wajah U dan menggantinya dengan kelompok tepi terpecahkan. Akhirnya bergerak terakhir mengembalikan pusat. Kubus Anda sekarang harus terlihat seperti ini,
Tampilan Depan
Kembali Lihat
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges4.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges5.gif

Sekarang Anda sudah selesai dengan kelompok tepi sehingga bahkan tidak memperhatikan lagi dan beralih ke kelompok berikutnya yang perlu diselesaikan.

3. Jika Anda memiliki potongan kubus tepi dua tersebar di diagonal kubus kemudian mendapatkan kubus Anda terlihat seperti diagram,
Tampilan Depan
Kembali Lihat
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges6.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges7.gif

Sambil memegang kubus seperti pada diagram tampilan depan melakukan langkah d ² RU 'R' d ². Langkah ini melakukan hal yang sama seperti yang di atas yang pertama memecahkan kelompok tepi, kemudian memindahkannya ke wajah U dan menggantinya dengan kelompok tepi terpecahkan. Kemudian bergerak terakhir mengembalikan pusat.

4. Kubus Anda mungkin memiliki dua keping tepi di lapisan yang sama seperti ini,
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges8.gif

Potongan Anda mungkin tidak tampak persis seperti diagram tetapi jika mereka berada di lapisan yang sama, baik d atau wajah u, kemudian tahan kubus Anda sehingga salah satu ujungnya berada di area abu-abu gelap pada diagram di bawah ini (itu baik akan berada di u atau d hadapi tapi pastikan masih dalam posisi wilayah abu-abu gelap),
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges9.gif

Sekarang lakukan LF L bergerak 'FU' '. Langkah ini akan membalik kelompok tepi sehingga sekarang bagian tepi harus dalam lapisan lainnya. Jika itu di slice d sekarang harus di slice u dan sebaliknya. Sekarang hanya melakukan langkah di atas yang sesuai dengan kubus Anda.

5. Jika salah satu dari potongan-potongan yang Anda butuhkan adalah dalam menghadapi U atau D maka Anda perlu untuk memindahkannya ke bagian tengah sehingga Anda dapat memecahkannya. Jika kubus Anda memiliki bagian tepi yang Anda butuhkan tetapi dalam menghadapi D bukan wajah U kemudian hidupkan seluruh kubus Anda atas sehingga terlihat seperti salah satu gambar di bawah. Ada dua posisi kubus Anda dapat berada di sini,

I. Pada diagram ini mengatakan Anda ingin untuk memecahkan kelompok tepi merah-putih. Untuk mendapatkan potongan merah-putih dari atas ke wilayah kerja melakukan hal ini langkah RU 'R'. Ini akan mendapatkan bagian tepi keluar dari wajah U dan menjaga dua potong dipisahkan antara u dan irisan d. Sekarang Anda dapat memecahkan biasanya.
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges10.gif

II. Dalam diagram ini jika aku memecahkan bagian merah-putih dan saya melakukan langkah di atas akan berakhir menempatkan sepotong merah-putih dari wajah U dalam menghadapi u. Namun sepotong merah-putih ujung lainnya sudah dalam menghadapi u sehingga Anda harus membalik salah satu ujungnya untuk dapat menyelesaikannya. Untuk menyimpan bergerak hanya melakukan langkah ini sambil memegang kubus seperti dalam R 'F' diagram FR. Ini akan menempatkan potongan di jalan itu perlu untuk membiarkan Anda menggunakan langkah di atas untuk memecahkan kelompok tepi.
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges11.gif

III. Dalam dua diagram di atas bagian tepi yang tidak di wajah U mungkin dalam menghadapi d bukan wajah u. Jika hal ini terjadi kemudian gunakan salah satu dari dua langkah di atas untuk mendapatkan bagian tepi dari wajah U ke bagian tengah. Setelah beberapa kali melakukan langkah-langkah ini Anda akan belajar mana yang bekerja untuk skenario mana. Jika untuk alasan apapun ketika Anda menggerakkan pion dari lapisan atas ke bagian tengah dan itu membalik dari cara yang Anda butuhkan untuk menjadi kemudian melakukan bergerak dari # 4

6. Sekarang Anda harus memiliki 8 kelompok tepi dipecahkan dan tersebar di wajah U dan D. Ini langkah berikutnya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana untuk memecahkan tepi bekerja. Strategi dasarnya adalah untuk memecahkan dua dari tepi dan kemudian menggunakan langkah tertentu untuk menyelesaikan dua terakhir pada waktu yang sama. Sebelum Anda melakukan hal-langkah pastikan bahwa Anda telah memecahkan pusat kembali. Kadang-kadang sambil memecahkan 8 kelompok pertama tepi pusat akan terpecah (tapi hanya di baris jika Anda melakukannya dengan benar). Setelah Anda berhasil memecahkan 8 kelompok pertama tepi mengubah slice d untuk memperbaikinya lagi. Jika karena alasan tertentu pusat mendapat bercampur dan mereka tidak di baris lagi maka Anda harus kembali ke langkah 1 dan memperbaiki mereka semua lagi :-(

I. kubus Anda mungkin memiliki dua sisi dalam posisi ini,
* Catatan * Dalam diagram berikut abu-abu gelap sekarang melambangkan kelompok tepi dipecahkan

Tampilan Depan
Kanan Wajah View
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges12.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges13.gif

Sekarang pegang kubus Anda seperti pada diagram tampilan depan dan melakukan langkah d RF 'UR' F d '. Langkah ini akan memindahkan bagian biru-kuning dari kelompok tepi di sebelah kiri ke kanan, kemudian bergerak mendatang membalik kelompok ujung di sebelah kanan, setelah itu membalik langkah terakhir akan mengembalikan pusat dan akan memecahkan kedua tepi pada waktu yang sama. Sekarang Anda hanya memiliki kelompok tepi terakhir dua untuk memecahkan sehingga
pergi ke # 7 .

Kubus Anda mungkin berada dalam posisi yang sama seperti di atas kecuali salah satu tepi membalik seperti ini,
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges18.gif

Dari sini melakukan
bergerak dari # 4 untuk flip tepi di sebelah kiri kemudian menyelesaikannya dengan langkah di atas.

II. Kubus Anda mungkin sudah memiliki salah satu dari empat kelompok terakhir tepi dipecahkan sehingga sekarang Anda hanya memiliki tiga orak-arik kelompok tepi. Pertama, Anda harus memilih salah satu kelompok pinggiran, salah satu dari mereka, dan memilih salah satu dari potongan-potongan (untuk pindah untuk memecahkan kelompok tepi kedua potongan perlu dalam menghadapi u sehingga hal ini membantu untuk memilih sepotong sudah di Wajah u sehingga Anda tidak perlu flip itu). Dalam diagram mengatakan saya memilih potongan oranye-biru. Sekarang Anda perlu menemukan tepi lain dari warna yang sama dan meletakkannya di slice u juga (jika berada dalam wajah d hanya melakukan bergerak dari # 4 untuk flip itu). Setelah Anda selesai melakukannya terus kubus Anda seperti pada diagram tampilan depan / kiri dan lakukan gerakan tersebut
'L' d 'LF' FU d. Ini akan memindahkan bagian bawah dari kelompok ujung sisi kanan atas ke kiri dan menggantinya dengan potongan biru-oranye lainnya. Pergerakan terakhir memecahkan kelompok tepi dan mengembalikan pusat.
Depan / Kanan Wajah View
Depan / Kiri Wajah View
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges14.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges15.gif
Tampilan Depan
Kembali Lihat
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges16.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges17.gif

Dari sini memegang kubus seperti pada diagram tampilan depan dan melakukan langkah d ² 'UR' RF F d ². Jangan khawatir jika Anda tidak melihat kelompok tepi dipecahkan itu adalah pada diagonal lain dari kubus sekarang. Apa langkah ini tidak diletakkan potongan pada kelompok tepi depan kanan dan memindahkannya di samping satu di tepi diagonal dari kubus untuk menyelesaikannya. Sekarang Anda tentang selesai,
pergi ke # 7 .

7 Sekarang Anda hanya memiliki satu bergerak ke kiri dan Anda akan dilakukan dengan langkah 2.. Kubus Anda sekarang akan terlihat seperti ini dengan hanya dua kelompok tepi kiri untuk memecahkan (* CATATAN * warna pada kubus Anda mungkin berbeda karena Anda mungkin telah memecahkan kelompok tepi yang berbeda dalam proses langkah ini tapi langkah masih akan bekerja). Terakhir Anda dua sisi baik akan berdekatan satu sama lain atau di tepi berlawanan kubus.

I. Jika kubus Anda memiliki kelompok tepi terakhir dua berdekatan satu sama lain kemudian menggunakan bergerak dari # 4 mendapatkan dua sisi terakhir untuk terlihat seperti ini
Depan / Kiri View
Depan / Kanan View
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges19.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges20.gif

Dari sini memegang kubus seperti dalam Front / diagram Pandangan Benar dan melakukan langkah d RF 'UR' F d '. Ini akan memindahkan bagian oranye putih ke tepi kelompok di sebelah kanan kemudian flip bahwa kelompok tepi. Langkah terakhir yang mengembalikan pusat dan memecahkan kelompok tepi.

II. Jika kubus Anda memiliki dua sisi terakhir di diagonals berlawanan kubus kemudian menggunakan bergerak dari # 4 mendapatkan dua sisi terakhir untuk terlihat seperti ini
Tampilan Depan
Kembali Lihat
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges21.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges22.gif

Dari sini memegang kubus seperti pada diagram Tampak depan dan melakukan langkah d ² 'UR' RF F d ². Ini akan memindahkan bagian oranye putih untuk kelompok tepi lainnya, kemudian flip bahwa kelompok tepi, langkah terakhir mengembalikan pusat dan memecahkan kelompok tepi.

Ikhtisar

Kubus Anda sekarang harus terlihat seperti ini,
Front-Top View
Back-Bawah
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges-solved.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges-solved2.gif


Kubus Anda sekarang menjadi kubus 3x3x3 bergegas. Ada beberapa posisi yang tidak dapat terjadi pada 3x3x3 normal yang saya akan pergi bersamamu pada langkah 3. Anda telah sampai sejauh ini, hanya satu langkah lagi untuk pergi!













Bagian 1: Dalam langkah ini Anda akhirnya akan memecahkan kubus Anda. Apa yang Anda akan lakukan adalah memecahkan kubus Anda seolah-olah itu Cube 3x3x3 Rubik yang normal. Pertama-tama jika Anda masih tidak melihat bagaimana kubus Anda adalah 3x3x3 kemudian berpikir seperti ini
Biasa 4x4x4
4x4x4 Cube 3x3x3 sebagai
http://www.speedcubing.com/chris/images/revenge.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/4-3cube.gif

Semua harus Anda lakukan adalah memperlakukan kelompok pusat sebagai salah satu bagian pusat dan memperlakukan setiap kelompok bagian tepi sebagai salah satu bagian tepi dan Anda akan dapat memecahkan kubus Anda dengan cara yang sama seperti Cube Rubik normal. Ada dua posisi yang bisa datang meskipun bahwa Anda tidak akan mampu mengatasi dengan cara yang sama. Ada tiga hal total yang dapat terjadi dalam langkah ini. Entah kubus Anda akan memecahkan persis seperti kubus rubik dengan tidak ada masalah, dua sisi akan dialihkan, atau salah satu ujung akan membalik dan sisa kubus dipecahkan.

1. Kubus Anda mungkin sebaliknya dipecahkan tetapi dua sisi beralih. Bila itu terjadi terus kubus Anda seperti ini,
Tampilan Depan
Kembali Lihat
http://www.speedcubing.com/chris/images/edge-switch1.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/edge-switch2.gif

Pegang kubus seperti pada diagram tampilan depan dan melakukan langkah r ² ² U r ² ² u U ² r ² ² u. Langkah ini akan memecahkan dua sisi dalam banyak cara yang sama bergerak dari Langkah 1 akan memecahkan baris dua pusat yang diaktifkan.

I. Ada lagi posisi yang persis sama dengan yang di atas, di mana dua keping tepi yang diaktifkan hanya dalam hal ini potongan hanya diatur secara berbeda. Kubus Anda mungkin sebaliknya diselesaikan kecuali dua sudut yang diaktifkan. Berikut adalah beberapa contoh,
Sudut yang berdekatan beralih
Sudut diagonal berlawanan beralih
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges25.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges26.gif

Ini adalah posisi yang sama sebagai satu dengan dua sisi beralih kecuali sekarang ujung-ujungnya diselesaikan dan bahwa mengacaukan sudut. Karena posisi dasarnya sama Anda akan memperbaikinya dengan cara yang sama. Pegang kubus sehingga sudut-sudut yang perlu diaktifkan keduanya dalam menghadapi U dan kemudian melakukan langkah yang sama seperti di atas yang, r ² ² U r ² ² u U ² r ² ² u. Sekarang wajah atas akan semi-acak tapi solveable sekarang. Hanya pergi kembali lagi dan memecahkan kubus dengan cara yang sama Anda akan sebuah 3x3x3.

2. Jika kubus Anda masih tidak memecahkan maka posisi lain bisa dalam adalah memiliki seluruh kubus dipecahkan kecuali satu sisi adalah membalik seperti ini,
http://www.speedcubing.com/chris/images/edgeflip.gif

Sekarang pegang kubus Anda seperti pada diagram dan melakukan langkah
r ² ² B U ² ² l U r 'U ² ² r U F ² r ² F l' B ² r ²

Ingat bahwa langkah ini hanya mengoreksi orientasi kelompok tepi salah satu. Lapisan terakhir dari kubus mungkin masih semi-arik, dan Anda masih mungkin perlu untuk menyelesaikan menerapkan solusi 3x3x3 Anda untuk memecahkan kubus.

Disclaimer: Saya sering menerima e-mail yang mengatakan bahwa algoritma ini tidak benar dan bahwa ia meninggalkan kubus orang bergegas. Saya dapat meyakinkan Anda bergerak dengan benar ditulis. Jika setelah menerapkan algoritma ini kubus Anda benar-benar bergegas mencoba untuk membatalkan apa yang Anda lakukan. Jika Anda tidak dapat membatalkan apa yang Anda lakukan, kemudian kembali ke langkah 1 dan memulai kembali. Jika langkah ini meninggalkan kubus Anda bergegas silahkan kunjungi
halaman notasi dan pastikan Anda membaca notasi dengan benar.

Jika Anda tertarik dalam kecepatan pemecahan maka anda dapat menggunakan langkah berikut yang mengubah wajah lebih tetapi itu jauh lebih mudah untuk melakukan dengan cepat. Langkah ini akan mengacaukan kedua orientasi dari beberapa potongan sudut di lapisan U serta posisi dari beberapa kelompok tepi. Oleh karena itu jika Anda berencana untuk menggunakan kecepatan memecahkan bergerak saya sangat menyarankan Anda menggunakannya pada suatu titik di mana solusi Anda tidak peduli bahwa potongan akan bergegas sekitar sedikit di lapisan U. Anda tepi kelompok dan pusat akan tetap bersama-sama, namun kelompok tepi di lapisan atas akan bergerak di sekitar sedikit. Sebagai contoh saya menggunakan ini langkah yang tepat setelah saya selesai memecahkan dua lapisan pertama (saya menggunakan metode lapisan sebagai solusi saya ke 3x3x3) bila ada ganjil tepi menunjukkan warna yang benar atas. Jika Anda menggunakan kecepatan ini memecahkan bergerak, menyadari bahwa itu mengacaukan lapisan U sedikit.

Ok, jadi inilah langkah. Setiap kelompok bergerak dalam kurung dapat dilakukan pada waktu yang sama.
(R ² r ²) B ² ² U (L l) U ² (R 'r') U ² (R r) U ² ² F (R r) F ² ('l' L) B ² (R ² r ²).

Langkah pertama yang tercantum dalam bagian ini akan membalik hanya dua potong tepi dalam UF dan meninggalkan sisa kubus Anda dipecahkan. Yang kedua adalah karena jika Anda ingin melakukan langkah cepat, tapi hati-hati bahwa itu mengacaukan lapisan U sedikit.

3. Kedua kasus tambahan terjadi tepat kesempatan fifty-fifty untuk masing-masing. Juga jangan heran jika kubus Anda memiliki kombinasi dari kedua kasus tambahan, dengan dua sisi beralih dan salah satunya adalah membalik dan sisa kubus adalah normal.

Ikhtisar

Sekarang kubus Anda akan terlihat seperti ini,
Front-Top View
Back-Bawah
http://www.speedcubing.com/chris/images/cubesolved.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/cubesolved2.gif


Selamat Anda sekarang telah dipecahkan Rubik Pembalasan Anda! Setelah melakukan semua bergerak beberapa kali Anda akan sampai ke titik di mana mereka semua akan masuk akal dan Anda akan dapat memecahkan Dendam setiap kali Anda mengambilnya. Sekarang Anda dapat memecahkan Dendam jika Anda masuk ke kecepatan memecahkan maka Anda bisa mengirimkan kali Anda pada saya Dunia resmi Halaman Rekor .

Jika Anda menemukan masalah dengan solusi saya atau penjelasan membingungkan maka silakan
beritahu saya sehingga saya bisa membersihkan mereka.

PENTING

Jika, setelah melalui solusi saya dan melakukan bergerak persis seperti yang saya memiliki mereka dan kubus Anda datang ke sebuah posisi yang aneh seperti hanya satu bagian tepi yang membalik bukan kelompok tepi keseluruhan atau hanya satu sudut yang membalik searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam maka itu berarti kubus Anda perlu dibongkar. Untuk petunjuk tentang cara membongkar kubus Anda
klik di sini .


0 opmerkings:

Plaas 'n opmerking

Woensdag 29 Mei 2013

Rumus lengkap cara bermain rubik 3x3

Geplaas deur aprilika om 19:16
Rumus lengkap cara bermain rubik 3x3 - Hallo sob, Rasanya aku sudah lama e ga posting di blog aku ni, hehehe, maklum lagi sedikit agak sibuk dan yang paling menyebalkan comp aku malah error, terpaksa deh absen beberapa hari belakangan ni dari dunia blogger. Ok gak usah banyak basa basi lagi la e. untuk postingan aku kali ini aku ingin memberikan sedikit tutorial tentang Rumus lengkap cara bermain rubik 3x3. Mungkin sobat semua sudah pada tau la ya yang namanya rubik tu, jadi aku gak usah menjelaskan lagi apa itu rubik.
sebenarnya aku sendiri pun masih baru sih dalam bermain rubik ini tapi untuk sekedar membagi pengetahuan dan dan share pengalaman jadi gak apa la ya.

Ok untuk menyelesaikan rubik 3x3 ini kalian harus memiliki sedikit kesabaran dan ketekunan kalau baru pertama kali memainkannya emang sedikit gampang2x susah, tapi kalau kalian sudah tau dan hafal rumus2xnya pasti akan terasa sangat mudah.

untuk pertama silahkan kalian lihat gambar Rotasi di bawah ini :
gambar 1

L = Putarlah rubik searah jarum jam di bagian sebelah (Kiri)
R = Putarlah rubik searah jarum jam di bagian sebelah (Kanan)
U = Putarlah rubik searah jarum jam di bagian (Atas)
D = Putarlah rubik searah jarum jam di bagian (Bawah)
F = Putarlah rubik searah jarum jam di bagian (Depan)
B = Putarlah rubik searah jarum jam di bagian (Belakang)


Seandainya terdapat Tanda ( ' )
 contoh = ( L' ) putarlah rubik sebelah kiri berlawan arah jarum jam
Dan seandainya Terdapat angka ( 2 )
contoh = ( L2 ) putarlah 180°

Ok kita mulai,
langkah pertama silahkan kalian buat pola ( + ) di rubik
untuk membuat pola ( + ) menurut aku tidak ada rumus khusus hanya pandai2x kita saja, tapi harus putih yang berada di tengah pola ( + ) tersebut untuk memudahkan dalam menyelasikan rubik.
lihat gambar :
gambar 2

selanjutnya setelah kalian menyelesaikan pola  ( + ) tersebut, balik rubik dengan pola ( + ) putih di bagian bawah dan warna kuning berada di bagian atas.
lihat gambar :
gambar 3

langkah selanjutnya kita akan menyelesaikan atau menyamakan warna rubik bagian bawah atau baris pertama terlebih dahulu.
lihat gambar :
gambar 4

untuk menyelesaikan warna tersebut terdapat beberapa rumus
1. seandainya kalian mendapatkan seperti gambar di bawah ini Putih nya di sebelah kanan
gambar 5

 Rumusnya adalah : F' U' F
pegang rubik dengan warna hijau di depan Kuning di atas Putih dibawah
Yang perlu kalian perhatikan adalah warna orange yang berada di samping putih, Orange harus sama dengan warna orange yang berada di tengah kiri rubik, begitu selanjutnya.

2. seandainya kalau seperti gambar di bawah ini putihnya berada di sebelah kiri.
gambar 6

 Rumusnya adalah : R U  R'
pegang rubik dengan warna Biru di depan Kuning di atas Putih dibawah
sama seperti di atas kalian perhatikan warna biru yang di samping putih, biru harus sama dengan biru yang berada di tengah, begitu selanjutnya.

3. dan seandainya warna putih berada di atas
lihat gambar 
gambar 7

Kita harus meletakan putihnya berada di samping seperti gambar Poin 1 dan 2 di atas
dan Rumusnya adalah : R U2 R'
selanjutnya lakukan seperti salah satu cara dengan rumus di atas. nah sekarang kita telah menyelesaikan baris pertama.

Sekarang kita akan melakukan atau menyamai warna rubik di bagian tengah atau baris ke 2
lihat gambar
gambar 8

1. seandainya kalian mendapati gambar seperti di bawah ini berarti kita akan menyelesaikan warna biru dan merah. karna merah berada di kanan.
Yang harus kalian perhatikan pertama adalah warna yang ingin kalian samakan harus sama dengan warna yang di bagian tengah, seperti gambar di bawah biru atas sama dengan biru tengah.
lihat gambat
gambar 9

dibagian atas tengah terdapat warna biru dan merah, berarti kita akan menyelesaikan baris ke 2 dengan warna biru dan merah terlebih dahulu
yang harus kalian lakukan adalah pegang rubik dengan warna Biru di depan, Merah dikanan, Kuning di atas, dan Putih di bawah
Rumusnya adalahU R U' R' U' F' U F

Nah itu seandainya kalau kita ingin menyelesaikan baris ke 2 di bagian kanan.
kalau untuk menyelesaikan baris ke 2 sebelah kiri laen lagi rumusnya

2. Seandainya kalian mendapati seperti gambar di bawah ini berarti kita akan menyelesaikan warna merah dan hijau, namun di sini sedikit berbeda di mana cara pertama kita menyelesaikan warna di bagian kanan, kini kita akan menyelesaikan warna di bagian kiri
perhatikan gambar,
gambar 10

disitu terdapat warna merah dan hijau, Sama seperti cara di atas warna hijau harus kita sejajarkan dengan hijau tengah, Perhatikan Warna Hijau (sebelum)
ada pun cara pertama pegang rubik dengan warna rubik hijau di depan, kuning diatas, merah dikiri , dan orange dikanan.
Rumusnya adalahU' L' U L U F U' F'

Ok sekarang kita telah menyelesaikan baris ke 2.

Setelah kalian menyelesaikan baris ke 2, sekarang coba kalian perhatikan bagian yang berwarna kuning
apakah sudah terdapat pola ( + ), tidak masalah berapa kubus yang berwarna kuning yang terpenting terdapat pola ( + ). seperti gambar di bawah ini.
gambar 11

seandai nya kalian sudah mendapatkan pola ( + ) kalian tidak perlu mengikuti cara berikut ini, ini hanya untuk yang belum mendapatkan pola ( + ) saja.
Kalau belum mendapatkan pola ( + ) tersebut silahkan ikuti cara di bawah ini,
Rumusnya adalah : F  U  R U' R' F'
lakukan beberapa kali sampai mendapati Pola ( + ),
Yang perlu di ingat saat kalian memutarnya beberapa kali kalian harus pastikan warna posisi depan nya selalu sama. Misalnya saat kalian memutar dengan warna biru di posisi depan putar lah beberapa kali dengan posisi biru selalu di depan.
jangan saat pertama memutar posisi depan biru dan putaran ke 2 posisi depan berwarna merah, kalau kalian melakukan itu pola ( + ) akan sulit di dapat kan dan bisa2x semua posisi rubik akan hancur.

Kalau sudah sekarang kita akan melanjutkan mengisi semua sudut2x dengan berwarna kuning tersebut sehingga terisi semua.
gambar 12

Cara nya gampang perhatikan gambar di bawah
gambar 13

gambar ke 1 disitu aku memegang dengan posisi depan berwarna biru dan terdapat kotak berwarna kuning di bagian unjung kirinya, ( betul )
gambar ke 2 disitu aku memegang dengan posisi yang salah, karna posisi warna kuningnya berada di sebelah kanan yang seharusnya berada di sebelah kiri seperti gambar pertama.
Rumusnya adalah : R U R' U R U2 R'
lakukan beberapa kali sampai seluruh bagian atasnya menjadi berwarna kuning.
pastikan kalian selalu memegangnya seperti itu, terdapat warna kuning di posisi unjung kirinya, dan posisi depan tidak mesti berwarna biru karna dapat berubah-ubah.

Langkah selanjutnya kita akan menyamai warna sisi-sisi samping unjungnya perhatikan gambar.
gambar 14

di gambar atas terlihat tidak ada warna yang sama dengan warna tengah di sisi ujung kiri dan kanan, warna Merah di bagian tengah seharusnya sama dengan warna sisi ujung kiri dan kanan dan begitu juga dengan warna hijau yang d bagian tengah seharusnya sisi unjung kiri dan kanan terdapat warna hijau.
nah untuk menyamakan warna di sisi unjung-ujung kiri dan kanan dengan warna tengah
Rumusnya adalah : R U2 R' U' R U2 L' U R' U' L
akan menjadi sperti gambar di bawah ini.
gambar 15

langkah selanjutnya adalah penyelesaian.
untuk langkah penyelesaian ini ada 2 rumus yang sedikit berbeda.
kalau kalian mendapati gambar seperti di atas atau di bawah ini berarti kalian harus melakukan rumus yang searah jarum jam.
Perhatikan lagi gambarnya :
gambar 16

Di gambar terlihat warna Orange terdapat di warna merah, warna merah terdapat di warna hijau, dan warna hijau terdapat di warna orange.
yang perlu kalian perhatikan adalah warna Orange, Merah, dan warna Hijau bagian atas, Karna ini cuma gambar jadi agak susah melihat warna nya sesuai dengan arah putaran jam, dan kalau kita memutar nya searah jarum jam dari atas akan sesuai dengan warnanya masing-masing, namun akan menghancurkan warna biru yang telah selesai
coba kalian perhatikan sekali lagi gambar di atas..
paham kan.??

Nah untuk penyelesaian nya lihat gambar
gambar 17

kalian harus memegang nya seperti gambar di atas, dengan posisi yang sudah jadi berada di sisi kiri tangan kalian.
Rumusnya Adalah : F2 U L R' F2 R L' U F2

bagitu sebaliknya seandainya kalian mendapati warna yang berlawan sama jarum jam. coba kalian memutarnya dari atas berlawanan arah jarum jam akan cocok namun akan merusak sisi yang telah selesai kalan kerja kan. dan kalau kalian memutar nya dari atas serah jarum jam tidak akan cocok.
Untuk Rumusnya adalah : F2 U' L R' F2 R L' U' F2

 Dan selesai.
gambar 18

Wah gak terasa ya ternyata panjang juga artikel aku kali ini,
Ok lah mungkin segitu aja dulu artikel aku tentang
Rumus lengkap cara bermain rubik 3x3,
dan untuk para master kalau membaca artikel aku ini tolong di koreksi jikalau ada penyampaian dalam tulisan aku ada yang salah.
sekian wasallam : 
http://eflianda.blogspot.com


Rumus Rubik 3x3 Untuk Pemula

Pertama kali melihat rubik saya langsung tertarik untuk memainkannya tetapi setelah memegang memutar-memutar ternyata sangat sulit. Justru sulit, saya lebih tertarik untuk memainkannya karena tidak banyak orng yang bisa,tapi jangan putus asa saya mempunyaii sulusi untuk itu.


   
Rumus Rubik 3x3 Untuk Pemula ini seperti kita ketahui rubik 3x3  adalah rumus permainan keahlian tangan dan konsentrasi ini mulai populer di kalangan masyarakat kita. Peminat Rubik 3x3 sedikit demi sedikit mulai meningkat baik dikalangan orang tua maupun anak - anak. Rubik 3x3 sendiriadalah sebuah teka-teki mekanik yang ditemukan pada tahun 1974 oleh pemahat dan profesor arsitektur Hungaria, Ernő Rubik. Kubus ini terbuat dari plastik dan terdiri atas 26 kubus kecil yang berputar pada poros yang terlihat. Setiap sisi dari kubus ini memiliki sembilan permukaan yang terdiri dari enam warna yang berbeda. Ketika teka-teki ini terpecahkan, setiap sisi dari kubus ini memiliki satu warna dan warna yang berbeda dengan sisi lainnya.

Kubus ini dibuat kembali dan dipasarkan di kawasan eropa pada Mei, 1980. Rubik's dianggap merupakan mainan yang laris banyak terjual di dunia, dengan sekitar 300 juta kubus Rubik's termasuk imitasinya terjual.

Rekor tercepat dalam menyelesaikan Kubus Rubik's (Rekor Indonesia) berhasil dicetak pada acara HUT MURI (Museum Rekor-Dunia Indonesia) pada tanggal 31 Januari 2007 di Hotel Grand Candi, Semarang. Catatan waktu yang dibukukan adalah 19,33 detik atas nama Abel Brata Susilo.

Rekor Dunia dalam menyelesaikan Kubus Rubik's dengan mata tertutup berhasil dicetak pada kompetisi Jakarta Open 2010 pada tanggal 31 Januari 2010 di FX Building, Jakarta. Rubik berukuran 3x3 dengan mata tertutup jumlah terbanyak yaitu 16 buah dalam waktu 57 menit diselesaikan atas nama Muhammad Iril dari Indonesia. Sebelumnya rekor dunia kategori ini dipegang Tong Jiang dari Cina dengan 15 kubus Rubik. Tidak hanya Muhammad Iril, Indonesia juga menempatkan putra bangsa di peringkat ketiga rekor dunia yaitu Wicaksono Adi dengan menyelesaikan 11 kubus Rubik tanpa melihat dalam waktu 55 menit 10 detik. Rekor Wicaksono dipecahkan saat Indonesia Open 2009. Semua rekor ini tercatat di Asosiasi Kubus Dunia (WCA).

Udah beberapa hari belajar bermain rubic 3x3 akhirnya saya nemu juga nih rumus dan tutorialnya,
Dan berikut adalah tutor singkat yang rachmat peroleh dari http://www.giswa.co.cc
Rubik adalah sebuah permainan anak kecil yang kini sedang ngetrend dikalangan masyarakat. Ya, walaupun mainan ini seperti permainan anak kecil, namun justru anak-anak kecil tidak dapat menyelesaikannya dengan mudah. Karena permainan ini memutar logika dan otak anda. Siapapun pasti dibuat pusing oleh rubik ini, termasuk saya.
Sebelum anda memulai, ada baiknya anda mengetahui istilah-istilah yang akan digunakan dalam rumus kubik nanti. Photobucket
Nah, selanjutnya anda tinggal mengikuti step yang telah saya buat di bawah ini.

Step 1

- Membuat cross (+) putih dengan center kuning.
- Mencocokan warna di bawah tanda cross kemudian memutarnya (F2) sehingga cross putih sekarang bercenter putih.

Step 2

- Membuat bagian bawah berwarna putih semua sekaligus “T”
– Rumus : R U R’
- Mencocokkan 2 baris warna di bagian bawah.
–Rumus : U R U’ R’  U’ F’ U F

Step 3

- Membuat cross kuning bercenter kuning.
(i) Jika ada bagian kuning yang membentuk huruf L, maka letakkan L tersebut di pojok kanan bawah (terbalik tentunya)
– Rumus : f R U  R’ U’ f’
(ii) Jika bagian kuning membentuk garis (3 warna sama sebaris) dengan melewati center, maka letakkan garis dalam posisi horisontal.
– Rumus : F R U  R’ U’ F’
(iii) Jika tidak membentuk apa-apa (hanya ada 1 titik kuning di center).
– Rumus : F R U R’ U’ F’  f R U R’ U’ f’

Step 4

- Membuat bentuk “ikan” terlebih dahulu.
– Cari warna kuning pada bagian F pojok kanan atas.
– Rumus : R U R’ U   R U2 R’
- Membuat bagian atas menjadi seluruhnya berwarna kuning.
– Rumus : R U R’ U  R U2 R’

Step 5

- Membuat kedua ujung atas F menjadi sama warna.
(i) Jika sudah ada sisi yang sama, letakkan di kiri.
(ii) Jika tidak lanjutkan saja.
– Rumus : R U2 R’ U’  R U2 L’ U  R’ U’ L
- Memindahkan bagian tengah atas F sehingga seluruh sisi menjadi sama warna.
(i) Jika bagian yang akan dipindahkan berlawanan arah dengan jarum jam, maka gunakan U’ dalam rumus berikut.
(ii) Jika bagian yang akan dipindahkan searah dengan jarum jam, maka gunakan U dalam rumus berikut.
– Rumus : F2 (U/U’) L R’  F2 R L’ (U/U’) F2

















Dasar-dasar
Pertama mari kita tahu apa bagian yang berbeda dari kubus disebut. Satu sisi kubus disebut wajah. Ada enam wajah pada kubus, depan, belakang, bawah, atas, kiri, dan kanan. Seluruh bagian yang melekat pada setiap wajah yang Anda dapat mengubah disebut sepotong. Potongan-potongan individual sudut, bagian tepi, dan potongan pusat.
http://www.speedcubing.com/chris/images/faces.gif

http://www.speedcubing.com/chris/images/pieces.gif


Catatan
Agar saya dapat memberitahu Anda bergerak khusus untuk melakukan pada kubus Anda Anda harus dapat membaca apa yang saya katakan. Notasi Saya akan menggunakan terlihat seperti ini, F f B b L l R r U u D d. Huruf berdiri untuk wajah luar seperti wajah depan, belakang wajah, wajah, dll huruf rendah berdiri untuk wajah tepat di belakang orang-orang luar, seperti wajah depan bagian dalam, wajah kembali batin, batin di wajah, dll Berikut adalah. sebuah diagram untuk menunjukkan beberapa adalah wajah masing-masing dan bagaimana masing-masing bisa berubah. Wajah-wajah menghidupkan garis-garis gelap.
http://www.speedcubing.com/chris/images/faces-ex1.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/faces-ex2.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/faces-ex3.gif


Ketika melakukan langkah surat dengan sendirinya berarti langkah searah jarum jam R berarti untuk mengubah wajah yang tepat searah jarum jam.. F akan berarti untuk mengubah wajah depan dalam searah jarum jam. 'R berarti untuk mengembalikan penghitung wajah kanan searah jarum jam. Sebuah appostraphy samping surat itu menunjukkan giliran berlawanan. R ² berarti untuk mengubah wajah kanan dua kali, baik dua putaran searah jarum jam atau dua putaran berlawanan, namun Anda ingin melihatnya. Setiap kali membuat bergerak melakukan langkah seolah-olah Anda sedang mencari langsung di wajah itu. Misalnya B bergerak 'akan dilakukan seolah-olah Anda sedang mencari langsung di wajah kembali. Langkah d 'akan dilakukan seolah-olah Anda sedang mencari langsung di wajah bawah. Berikut adalah contoh dari
algoritma yang saya mungkin memberikan.

FL 'U ² l'

Berikut adalah apa yang akan Anda lakukan untuk kubus Anda,
http://www.speedcubing.com/chris/images/move.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/move1.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/move2.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/move3.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/move4.gif


Sementara akan melalui solusi saya beberapa diagram mungkin memiliki daerah abu-abu pada mereka, di sini adalah contoh,
http://www.speedcubing.com/chris/images/gray-ex.gif

Daerah-daerah abu-abu menunjukkan warna yang Anda tidak perlu khawatir tentang dalam langkah tertentu. Dalam contoh ini ini adalah gambaran tentang bagaimana untuk menempatkan bagian tepi biru kuning di samping bagian tepi lainnya biru kuning di wajah atas. Semua warna abu-abu adalah bagian dari kubus yang tidak melibatkan bergerak potongan kuning biru di samping bagian kuning biru lainnya sehingga mereka harus diabaikan untuk langkah ini.

















Bagian 1: Langkah pertama dalam memecahkan kubus Anda adalah Anda harus memecahkan pusat sehingga Anda dapat memiliki titik acuan untuk menyelesaikan sisa kubus. Trik untuk ini adalah bahwa Anda harus mendapatkan semua pusat di tempat yang tepat (jika pusat tidak benar berbaris satu sama lain maka tepi dan sudut tidak akan berbaris baik dan itu membuat kekacauan besar yang nyata). Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyelesaikan dua pusat berlawanan. Jika Anda tahu dari dua warna yang berlawanan pada kubus Anda itu membuat hal-hal sedikit lebih mudah. Warna-warna yang berlawanan pada kubus saya ini, dalam kasus Anda adalah, sama biru-putih, hijau-kuning, merah-oranye. Jika Anda tidak yakin dari dua warna yang berlawanan pada kubus Anda maka di sini adalah cara untuk mengecek untuk memastikan Anda mendapatkan dua warna yang berlawanan. Ambil dua sudut, masing-masing dengan mengatakan merah dan kuning dalam skema warna mereka. Anda dapat memilih setiap dua sudut tapi pastikan setiap sudut cublet memiliki dua warna yang sama. Anda tidak harus memindahkan mereka hanya melihat mereka. Sekarang bahwa Anda memiliki kedua cublets jika Anda adalah untuk memecahkan mereka maka mereka akan berada di ujung yang sama, hanya sisi berlawanan dari tepi itu (yaitu salah satu sudut akan menyentuh wajah atas dan yang lain akan menyentuh wajah bagian bawah). Sekarang hanya melihat dua warna lain pada masing-masing potongan dan Anda memiliki dua warna yang berlawanan. Berikut adalah contoh untuk membersihkan ini. Katakanlah saya memilih potongan sudut dua, merah-kuning-biru, dan merah-kuning-putih. Sekarang jika saya adalah untuk memecahkan dua sudut maka bagian merah-kuning akan berada di ujung yang sama kubus. Hal ini akan menempatkan mereka pada sisi berlawanan dari tepi itu sehingga masing-masing menyentuh wajah yang berbeda (baik bagian bawah atau atas). Sekarang aku tahu bahwa biru dan putih adalah bertentangan pada bahwa kubus tertentu karena mereka berada pada sisi berlawanan dari kubus ketika sudut yang dipecahkan.

Top View
Bawah View
http://www.speedcubing.com/chris/images/4cube-ex1.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/4cube-ex2.gif




Bagian 2: Sekarang Anda tahu dua warna yang berlawanan Anda harus memecahkan dua pusat. Mari kita tetap dengan dua warna yang berlawanan biru dan putih untuk contoh ini (warna-warna ini mungkin tidak berlawanan pada kubus Anda sehingga jika mereka tidak hanya menggunakan dua warna yang). Langkah pertama adalah membuat dua baris setiap warna. Dapatkan dua potong ke posisi ini pertama,
http://www.speedcubing.com/chris/images/center1.gif

Dalam posisi ini jangan
l pindah untuk mendapatkan bagian biru dari atas berbaris untuk satu di bagian depan.
http://www.speedcubing.com/chris/images/center2.gif

Sekarang untuk ingat di mana biru perlu pergi melakukan langkah F ² untuk mendapatkannya ke dalam irisan u. Bila Anda memiliki barisan yang solid di slice u berpikir bahwa yang ditetapkan sebagai warna pusat untuk wajah itu. Ini membantu untuk ingat di mana untuk posisi tempat pusat dalam hubungan satu sama lain.


Sekarang Anda harus memecahkan baris putih. Ada tiga hal yang bisa terjadi dari sini. Entah Anda sudah memiliki deretan pusat putih diselesaikan, dalam kasus yang mendapatkan itu ke wajah yang berlawanan sebagai biru dan mengaturnya (memasukkannya ke dalam potongan u) Jika kubus Anda sudah memiliki deretan putih diselesaikan kemudian setelah Anda mengaturnya
klik di sini , atau Anda akan memiliki 2 pusat putih tidak di bagian belakang atau depan wajah, atau Anda akan memiliki 3 putih di wajah kembali, dan satu putih tidak di bagian belakang atau bagian depan.


1. Jika Anda memiliki dua pusat putih tidak di belakang atau wajah depan kubus Anda mendapatkan terlihat seperti ini,
http://www.speedcubing.com/chris/images/center3.gif
Tampilan Depan
Kembali Lihat
http://www.speedcubing.com/chris/images/center3.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/center6.gif

Dari sini melakukan bergerak f 'd'. Ini benar-benar akan memecahkan pusat putih.
Pergi ke # 3 .


2. Sekarang jika Anda hanya memiliki satu pusat putih di bagian tengah dan 3 pusat putih pada wajah kembali di sini adalah apa yang Anda lakukan. Pertama-tama melakukan F bergerak. Hal ini mendapat baris biru keluar dari jalan untuk menghidupkan slice l. Sekarang mendapatkan potongan satu putih di bagian tengah dan mendapatkan ke posisi dalam diagram. Sekarang giliran wajah kembali untuk mendapatkan 3 putih ke posisi pada diagram. Sekarang lakukan l bergerak. Ini memecahkan baris putih. Sekarang jangan bergerak 'l' U Ini benar-benar akan memecahkan pusat putih.
Tampilan Depan
Kembali Lihat
http://www.speedcubing.com/chris/images/center4.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/center5.gif


3. Sekarang kubus Anda harus memiliki pusat putih dipecahkan dan baris biru di wajah yang berlawanan. Jika tidak maka mulai dari awal . Dari sini Anda perlu untuk memecahkan baris biru terakhir. Ada tiga hal yang bisa terjadi dari sini. Anda juga akan memiliki baris biru terakhir yang diselesaikan namun di bagian tengah, atau Anda akan memiliki 2 buah center biru di bagian tengah, atau Anda akan memiliki satu bagian pusat biru di bagian tengah dan satu di bagian depan.

I. Jika kubus Anda memiliki baris biru sudah diselesaikan tetapi di bagian tengah maka Anda harus melakukan salah satu dari dua langkah.

Jika kubus Anda terlihat seperti ini kemudian melakukan hal ini L bergerak ² d 'L ² d. Langkah ini akan menempatkan baris biru di wajah u kemudian pindah baris putih untuk wajah yang berlawanan dari kubus, mengembalikan baris biru ke wajah d kemudian memecahkan pusat.
Tampilan Depan
Kembali Lihat
http://www.speedcubing.com/chris/images/center23.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/center24.gif


Jika kubus Anda terlihat seperti ini kemudian melakukan langkah ini R ² d R ² d '. Langkah ini akan menempatkan baris biru di wajah u kemudian pindah baris putih untuk wajah yang berlawanan dari kubus, mengembalikan baris biru ke wajah d kemudian memecahkan pusat.
Tampilan Depan
Kembali Lihat
http://www.speedcubing.com/chris/images/center27.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/center28.gif


II. Jika kubus Anda memiliki dua potongan terakhir center biru di bagian tengah kemudian mendapatkan kubus Anda terlihat seperti ini,
Tampilan Depan
Kembali Lihat
http://www.speedcubing.com/chris/images/center7.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/center8.gif


Dari sini melakukan langkah f 'L ² d' L ² d. Ini akan memecahkan baris biru kemudian memindahkannya ke wajah u, memindahkan baris putih ke sisi berlawanan dari kubus, memindahkan baris biru kembali ke slice d, kemudian memindahkan mereka kembali di tempat pusat mereka.

III. Jika kubus Anda memiliki salah satu bagian pusat biru di wajah depan dan satu di bagian tengah kemudian mendapatkan kubus Anda terlihat seperti ini,
Tampilan Depan
Kembali Lihat
http://www.speedcubing.com/chris/images/center25.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/center26.gif


Dari sini melakukan langkah F d F 'd'. Langkah ini akan memecahkan baris biru terakhir dan kemudian langkah terakhir mengembalikan dua pusat.

Kubus Anda sekarang harus terlihat seperti ini,
Tampilan Depan
Kembali Lihat
http://www.speedcubing.com/chris/images/center9.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/center10.gif


4. Sekarang bahwa Anda memiliki dua pusat pertama diselesaikan Anda harus melakukan empat lainnya. Untuk langkah selanjutnya biru dan putih menjadi wajah atas dan bawah. Untuk contoh-contoh ini saya akan menggunakan putih sebagai wajah atas dan biru sebagai wajah bawah. Sekarang Anda harus memecahkan pusat depan dan belakang. Lakukan hal yang sama Anda lakukan dengan dua sudut yang Anda lakukan di awal untuk menemukan dua pusat berlawanan lebih pada kubus Anda. Untuk langkah ini, Anda tidak perlu khawatir tentang menggunakan sudut untuk posisi pusat yang tepat masih akan bekerja. Sekarang bahwa Anda memiliki dua warna yang berlawanan lebih pada kubus Anda mereka menjadi pusat depan dan belakang. Untuk contoh ini saya akan menggunakan hijau dan kuning sebagai pusat berlawanan berikutnya untuk memecahkan.

Ada 4 hal yang dapat terjadi pada saat ini. Entah kedua pusat akan dipecahkan dan di tempat yang tepat (
pergi ke # 5 ), mereka akan diselesaikan dan di tempat yang salah, Anda akan memiliki baris yang solid setiap warna tapi pusat tidak diselesaikan, potongan-potongan untuk pusat akan harus buru-buru mana-mana dengan baris padat sedikit atau tidak ada.


I. Jika kubus Anda memiliki pusat dipecahkan tetapi tidak di tempat yang tepat (tidak di sisi berlawanan dari kubus) kemudian tahan kubus Anda seperti pada diagram di bawah ini dan melakukan langkah d 'B ² ² d L ² d'. Warna pada kubus Anda dapat beralih dari diagram ini. Alih-alih memiliki hijau di wajah depan dan kuning di wajah kiri Anda dapat memiliki kuning di wajah depan dan hijau di wajah kiri. Dalam kasus yang langkah yang sama masih akan bekerja.
http://www.speedcubing.com/chris/images/center11.gif


II. Jika kubus Anda memiliki 2 baris dari setiap warna dipecahkan kemudian mendapatkan kubus Anda terlihat seperti ini
Tampilan Depan
Kembali Lihat
http://www.speedcubing.com/chris/images/center12.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/center13.gif

Titik hitam di wajah U di kedua diagram di tempat yang sama pada kedua diagram itu hanya digunakan untuk membantu menunjukkan bagaimana berorientasi kubus

Dari sini melakukan langkah d untuk memecahkan pusat hijau dan kuning.


III. Jika kubus Anda memiliki baris padat sedikit atau tidak ada hijau atau kuning maka di sini adalah apa yang Anda lakukan. Pertama, Anda harus mengatur setiap baris yang Anda miliki. Jika Anda memiliki satu baris hijau dan satu baris kuning pastikan untuk mengatur mereka di sisi berlawanan dari kubus. Sekarang Anda harus menyelesaikan sisa potongan. Anda melakukan ini pada dasarnya dengan cara yang sama Anda memecahkan baris biru dan putih pada awalnya, hanya sekarang Anda melakukannya tanpa menggunakan wajah atas atau bawah. Berikut ini adalah contoh,
http://www.speedcubing.com/chris/images/center-ex3.gif


Dalam contoh ini Anda akan melakukan langkah d F 'd'. Ini akan memecahkan baris kuning kemudian meletakkannya di bagian depan. Setelah Anda memiliki 4 baris melakukan hal yang sama seperti di
II. untuk memecahkan pusat. Berikut adalah contoh untuk jika Anda sudah memiliki satu set baris
http://www.speedcubing.com/chris/images/center-ex2.gif


Di sini Anda akan melakukan langkah d 'L d. Ini akan memecahkan baris hijau di muka L kemudian memindahkannya ke wajah depan untuk memecahkan pusat. Hanya main-main dengan ini bergerak untuk memecahkan pusat. Mungkin Anda bahkan akan datang dengan langkah baru beberapa. Sebuah petunjuk pada apakah Anda memiliki satu pusat dipecahkan dan hanya satu baris atau tidak ada baris diselesaikan dengan warna lainnya. Tahan pusat yang sehingga pada wajah depan dan biru dan putih di bagian bawah dan atas wajah kemudian melakukan L bergerak d '² ini akan mengatur salah satu baris dalam menghadapi L. Ini akan membantu Anda untuk menggunakan wajah d untuk membantu Anda memecahkan pusat lainnya. Setelah Anda memiliki dua baris dari masing-masing warna kemudian merujuk ke
II. untuk menyelesaikan dua pusat. Pada dasarnya Anda harus berpikir dalam baris. Setelah Anda memiliki baris selesai ingat untuk memasukkannya dalam menghadapi u. Dengan cara itu Anda memiliki ruang untuk menggunakan wajah d untuk melakukan semua gerakan Anda. Saya hampir setiap penggunaan wajah u untuk melakukan pekerjaan di salah satu langkah. Anda dapat menyesuaikan ini sesuai dengan keinginan Anda tapi aku lebih suka melakukan segala hal pada bagian bawah kubus.


5. Sekarang Anda harus memiliki 4 pusat dipecahkan. Menggunakan sudut ganda periksa untuk memastikan kedua pasangan pusat diselesaikan adalah warna yang berlawanan. Sekarang Anda memiliki dua pusat tersisa untuk memecahkan dan mereka harus di sisi berlawanan dari kubus. Jika Anda tidak memiliki ini pada kubus Anda kemudian kembali ke mana langkah terbaik menyerupai kubus Anda dan coba lagi. Sekarang dua wajah yang belum terpecahkan menjadi depan dan belakang wajah. Untuk contoh-contoh ini saya akan menggunakan oranye sebagai wajah depan dan merah sebagai wajah kembali. Sebelum Anda mulai memecahkan pusat-pusat Anda harus memastikan Anda memecahkan mereka ke wajah yang benar. Untuk melakukan ini, Anda harus memecahkan salah satu sudut yang menyentuh dua pusat dipecahkan. Dari sini Anda tahu warna wajah dengan pusat belum terpecahkan. Berikut ini adalah contoh,
http://www.speedcubing.com/chris/images/center14.gif


Sekarang Anda akan tahu bahwa daerah abu-abu gelap dan oranye wajah yang berlawanan (wajah belakang) merah. Ada 6 posisi kubus Anda bisa masuk sekarang. Entah semua pusat sekarang dipecahkan dan di tempat yang tepat (
Pergi ke langkah 2 ), semua pusat diselesaikan tapi yang merah dan oranye yang diaktifkan, Anda memiliki dua baris padat setiap warna tetapi mereka tidak semua di sebelah kanan wajah, Anda memiliki pola kotak-kotak pada kedua wajah, Anda memiliki 3 warna masing-masing pada satu wajah dan salah satu warna lain pada wajah yang sama, atau Anda memiliki pola kotak-kotak pada satu wajah dan dua baris di sisi lain.

I. Jika semua pusat Anda diselesaikan tapi yang merah dan oranye yang diaktifkan kemudian tahan kubus Anda sehingga pusat-pusat yang perlu diaktifkan berada di depan dan belakang wajah seperti dalam diagram
Tampilan Depan
Kembali Lihat
http://www.speedcubing.com/chris/images/center29.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/center30.gif


Dari sini melakukan langkah d ² ² F B ² ² d. Ini akan mengganti pusat oleh baris.

II. Jika kubus Anda memiliki barisan yang solid setiap warna pada kedua bagian depan dan belakang wajah kemudian mendapatkannya untuk terlihat seperti ini
Tampilan Depan
Kembali Lihat
http://www.speedcubing.com/chris/images/center15.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/center16.gif


Dari sini melakukan langkah d ² ² B d ² ini akan memecahkan pusat merah dan oranye.

III. Anda juga mungkin memiliki pola kotak-kotak dari kedua wajah seperti ini, * CATATAN * Sebelum melakukan langkah ini memeriksa untuk memastikan bahwa kubus Anda terlihat seperti diagram ini. Jika tidak kemudian hidupkan hanya kembali dan / atau depan wajah untuk mendapatkan ke posisi ini.
Tampilan Depan
Kembali Lihat
http://www.speedcubing.com/chris/images/center19.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/center20.gif


Sekarang lakukan langkah d ² FB d ². Hal ini akan memecahkan baik pusat oranye dan merah dan membuat mereka di tempat yang tepat. Sekali lagi perhatikan bahwa langkah ini hanya bekerja bila kubus Anda berada dalam posisi diagram. Jika langkah tersebut tidak bekerja maka pastikan bahwa pusat terlihat persis seperti yang mereka lakukan dalam diagram.

IV Jika kubus Anda memiliki tiga dari satu warna dan satu warna yang berlawanan pada kedua bagian depan dan belakang wajah maka ada dua hal yang bisa terjadi dari sini.. Anda juga akan memiliki tiga oranye dan satu merah pada wajah depan atau tiga merah dan satu jeruk di wajah depan. Pada dasarnya dalam langkah ini Anda juga memiliki sebagian dari warna wajah depan pada wajah depan atau sebagian besar warna wajah kembali pada wajah depan. Memecahkan sudut yang menghubungkan wajah depan, wajah kiri, dan wajah yang tepat dalam kaitannya dengan bagaimana Anda memegang kubus sekarang. Sekarang Anda tahu warna wajah depan.

Jika potongan tengah tiga di bagian depan yang seharusnya berada di bagian depan (oranye dalam contoh saya) kemudian mendapatkan kubus Anda terlihat seperti ini
Tampilan Depan
Kembali Lihat
http://www.speedcubing.com/chris/images/center17.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/center18.gif


Dari sini melakukan langkah d ² F 'd ². Ini akan membuat dua baris terakhir untuk pusat kemudian menyelesaikannya. Ini akan memecahkan pusat merah dan oranye.

Jika Anda memiliki potongan kubus pusat tiga dari wajah kembali di bagian depan (merah dalam contoh saya) kemudian mendapatkan kubus Anda terlihat seperti ini
Tampilan Depan
Kembali Lihat
http://www.speedcubing.com/chris/images/center21.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/center22.gif


Dari sini melakukan langkah d ² F 'B ² ² d. Ini akan mendapatkan semua potongan ke dalam baris yang solid warna mereka kemudian memecahkan pusat.

V. kubus Anda mungkin memiliki pola kotak-kotak pada satu wajah dan baris yang solid pada wajah lainnya. Jika tidak memutar F dan / atau B untuk mendapatkan wajah kubus Anda seperti diagram, (* CATATAN * Sebelum melakukan langkah ini memeriksa untuk memastikan bahwa kubus Anda tampak persis seperti ini diagram. Jika tidak kemudian hidupkan kembali dan hanya / atau depan wajah untuk mendapatkan ke posisi ini).
Tampilan Depan
Kembali Lihat
http://www.speedcubing.com/chris/images/center15.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/center31.gif


Sekarang lakukan langkah d ² B 'd ² B d ² ² B d ². Ini akan mendapatkan potongan ke posisi dari nomor
IV dan kemudian menyelesaikannya dengan cara yang sama. Jika langkah tersebut tidak berhasil maka Anda mungkin tidak memiliki potongan-potongan di tempat yang sama persis seperti diagram. Cobalah untuk menemukan langkah yang paling menyerupai kubus Anda dan coba lagi.

Ikhtisar

Sekarang kubus Anda akan terlihat seperti ini,
Front-Top View
Back-Bawah
http://www.speedcubing.com/chris/images/center-solved1.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/center-solved2.gif


Sekarang Anda telah memecahkan kubus Anda 1/3 dari jalan! Hanya 2 langkah lagi untuk pergi! Sebelum melanjutkan ke langkah berikutnya memecahkan salah satu sudut dengan itu tiga pusat dan periksa untuk memastikan ketiga berada di tempat yang tepat. Kemudian, jika Anda tahu warna berlawanan Anda, Anda dapat melihat wajah yang berlawanan dari masing-masing bagian depan wajah mereka untuk memastikan pusat yang dipecahkan. Jika pusat Anda tidak berbaris maka Anda akan memiliki waktu yang sangat sulit dalam langkah 3.
Jangan lupa untuk memeriksa dua kali!
http://www.speedcubing.com/chris/images/check.gif
















Bagian 1: Dalam langkah ini Anda akan menyelesaikan membuat Anda bergegas 4x4x4 kubus menjadi kubus 3x3x3 bergegas. Dalam langkah ini Anda akan menempatkan semua potongan tepi sebelah potongan yang berhubungan tepi dan membuat satu kelompok tepi solid untuk setiap pasangan. Setelah Anda telah memecahkan semua kelompok tepi Anda akan dapat memecahkan kubus Anda seolah-olah itu sebuah kubus rubik yang normal itu (3x3x3), kecuali untuk beberapa situasi yang saya akan memberitahu Anda bagaimana untuk memperbaikinya pada langkah 3. Langkah ini tidak akan butuh waktu lama untuk menjelaskan karena pada dasarnya ide yang sama dilakukan berulang-ulang. Pertama Anda harus tahu apa bagian dari kubus akan melakukan apa.
Ujung Grup
Diagram ini menunjukkan di mana semua kelompok berada di tepi kubus Anda setelah itu dipecahkan
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges1.gif

Meskipun mungkin tampak seperti langkah ini akan rumit itu benar-benar yang paling mudah menurut saya. Pertama-tama di sini adalah bagaimana Anda harus "melihat" kubus ketika Anda melihat hal itu.
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges-view.gif

Kelompok tepi apapun di U atau D wajah Anda harus berpikir sebagai disimpan. Pada langkah pertama ketika Anda menetapkan baris bagian pusat di slice u ini adalah jenis hal yang sama untuk langkah ini. Setelah Anda mengatasi kelompok tepi memasukkannya ke dalam U atau menghadapi D. Setelah tepi adalah baik dalam U atau D wajah maka pastikan untuk tidak menggunakannya lagi. Setelah mereka disimpan Anda hanya bisa meninggalkan mereka sendirian. Tepi disimpan diwakili oleh abu-abu gelap menengah dalam diagram. Semua gelap kelompok tepi abu-abu adalah tepi bekerja. Mereka adalah orang yang akan melakukan pekerjaan yang sebenarnya dengan. Hal ini di "bagian tengah" dari d dan irisan u di mana Anda akan memecahkan kelompok tepi. Sekarang untuk bergerak untuk menyelesaikan tepi.

Bagian 2: Sebelum kita bahkan mulai Anda perlu untuk menyimpan setiap kelompok tepi dipecahkan bahwa Anda memiliki (menempatkan mereka baik dalam D atau wajah U). Sekarang Anda perlu untuk menyelesaikan semua kelompok ujung lainnya. Pada dasarnya apa yang perlu Anda lakukan adalah mendapatkan dua potong, yang dipisahkan, dari kelompok tepi yang sama dan menempatkan satu di slice u dan satu di slice d dan kemudian memecahkan mereka dari sana. Strategi dasar untuk langkah ini adalah untuk memecahkan kelompok tepi dan menyimpannya baik dalam U atau menghadapi D. Kemudian hanya memilih dua potong tepi lebih, yang termasuk dalam kelompok yang sama tepi, dan menyelesaikannya. Setiap kali Anda menyelesaikan sebuah kelompok tepi dan menyimpannya kemudian hanya beralih ke kelompok lain tepi. Setelah Anda telah memecahkan semua tepi kecuali untuk empat tepi bekerja Anda harus menggunakan satu set bergerak untuk memecahkan empat dan kemudian Anda akan siap untuk melanjutkan ke langkah 3.

1. Untuk menempatkan kelompok tepi dipecahkan ke D atau wajah U ada dua langkah yang perlu Anda ketahui.

I. Untuk menempatkan tepi dipecahkan ke wajah U pegang kubus Anda seperti ini,
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges23.gif
Potongan-potongan tepi gelap abu-abu dalam diagram ini dan dalam diagram berikut merupakan kelompok tepi terpecahkan

Pastikan ketika melakukan langkah ini bahwa Anda memiliki sebuah kelompok tepi terpecahkan dalam posisi yang sama sebagai bagian tepi abu-abu gelap dalam diagram. Sekarang dari sini melakukan 'U' L L bergerak. Ini akan memindahkan kelompok tepi dipecahkan ke wajah U dan kemudian menggantinya dengan kelompok tepi terpecahkan.

II. Untuk memindahkan kelompok tepi dipecahkan ke wajah D terus kubus Anda seperti ini,
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges24.gif

Pastikan ketika melakukan langkah ini bahwa Anda memiliki sebuah kelompok tepi terpecahkan dalam posisi yang sama sebagai bagian tepi abu-abu gelap dalam diagram. Sekarang dari sini melakukan langkah LDL '. Ini akan memindahkan kelompok tepi dipecahkan ke wajah D dan kemudian menggantinya dengan kelompok tepi terpecahkan. Potongan d dipindahkan banyak selama langkah ini dan kadang-kadang kubus Anda tidak akan memiliki pusat dipecahkan tetapi dalam baris. Setelah Anda telah memecahkan semua tapi ujung-ujungnya akan bekerja Anda memecahkan pusat lagi. Hanya pastikan untuk melakukan bergerak hati-hati atau baris akan dibagi menjadi potongan-potongan asli mereka dan kemudian Anda harus memecahkan pusat lagi.

2. Kubus Anda mungkin memiliki dua sisi yang berdekatan dalam posisi di diagram. Jika mereka beralih (Bagian tepi pada slice d adalah di sebelah kanan dan bagian dalam potongan u adalah di sebelah kiri) kemudian hanya mengubah slice d sampai kubus Anda terlihat seperti diagram.
Tampilan Depan
Kanan Wajah View
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges2.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges3.gif

Dari sini memegang kubus seperti pada diagram tampilan depan. Sekarang lakukan langkah d RU 'R' d '. Apa langkah yang dilakukan adalah untuk memecahkan kelompok tepi, kemudian memindahkannya ke wajah U dan menggantinya dengan kelompok tepi terpecahkan. Akhirnya bergerak terakhir mengembalikan pusat. Kubus Anda sekarang harus terlihat seperti ini,
Tampilan Depan
Kembali Lihat
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges4.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges5.gif

Sekarang Anda sudah selesai dengan kelompok tepi sehingga bahkan tidak memperhatikan lagi dan beralih ke kelompok berikutnya yang perlu diselesaikan.

3. Jika Anda memiliki potongan kubus tepi dua tersebar di diagonal kubus kemudian mendapatkan kubus Anda terlihat seperti diagram,
Tampilan Depan
Kembali Lihat
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges6.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges7.gif

Sambil memegang kubus seperti pada diagram tampilan depan melakukan langkah d ² RU 'R' d ². Langkah ini melakukan hal yang sama seperti yang di atas yang pertama memecahkan kelompok tepi, kemudian memindahkannya ke wajah U dan menggantinya dengan kelompok tepi terpecahkan. Kemudian bergerak terakhir mengembalikan pusat.

4. Kubus Anda mungkin memiliki dua keping tepi di lapisan yang sama seperti ini,
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges8.gif

Potongan Anda mungkin tidak tampak persis seperti diagram tetapi jika mereka berada di lapisan yang sama, baik d atau wajah u, kemudian tahan kubus Anda sehingga salah satu ujungnya berada di area abu-abu gelap pada diagram di bawah ini (itu baik akan berada di u atau d hadapi tapi pastikan masih dalam posisi wilayah abu-abu gelap),
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges9.gif

Sekarang lakukan LF L bergerak 'FU' '. Langkah ini akan membalik kelompok tepi sehingga sekarang bagian tepi harus dalam lapisan lainnya. Jika itu di slice d sekarang harus di slice u dan sebaliknya. Sekarang hanya melakukan langkah di atas yang sesuai dengan kubus Anda.

5. Jika salah satu dari potongan-potongan yang Anda butuhkan adalah dalam menghadapi U atau D maka Anda perlu untuk memindahkannya ke bagian tengah sehingga Anda dapat memecahkannya. Jika kubus Anda memiliki bagian tepi yang Anda butuhkan tetapi dalam menghadapi D bukan wajah U kemudian hidupkan seluruh kubus Anda atas sehingga terlihat seperti salah satu gambar di bawah. Ada dua posisi kubus Anda dapat berada di sini,

I. Pada diagram ini mengatakan Anda ingin untuk memecahkan kelompok tepi merah-putih. Untuk mendapatkan potongan merah-putih dari atas ke wilayah kerja melakukan hal ini langkah RU 'R'. Ini akan mendapatkan bagian tepi keluar dari wajah U dan menjaga dua potong dipisahkan antara u dan irisan d. Sekarang Anda dapat memecahkan biasanya.
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges10.gif

II. Dalam diagram ini jika aku memecahkan bagian merah-putih dan saya melakukan langkah di atas akan berakhir menempatkan sepotong merah-putih dari wajah U dalam menghadapi u. Namun sepotong merah-putih ujung lainnya sudah dalam menghadapi u sehingga Anda harus membalik salah satu ujungnya untuk dapat menyelesaikannya. Untuk menyimpan bergerak hanya melakukan langkah ini sambil memegang kubus seperti dalam R 'F' diagram FR. Ini akan menempatkan potongan di jalan itu perlu untuk membiarkan Anda menggunakan langkah di atas untuk memecahkan kelompok tepi.
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges11.gif

III. Dalam dua diagram di atas bagian tepi yang tidak di wajah U mungkin dalam menghadapi d bukan wajah u. Jika hal ini terjadi kemudian gunakan salah satu dari dua langkah di atas untuk mendapatkan bagian tepi dari wajah U ke bagian tengah. Setelah beberapa kali melakukan langkah-langkah ini Anda akan belajar mana yang bekerja untuk skenario mana. Jika untuk alasan apapun ketika Anda menggerakkan pion dari lapisan atas ke bagian tengah dan itu membalik dari cara yang Anda butuhkan untuk menjadi kemudian melakukan bergerak dari # 4

6. Sekarang Anda harus memiliki 8 kelompok tepi dipecahkan dan tersebar di wajah U dan D. Ini langkah berikutnya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana untuk memecahkan tepi bekerja. Strategi dasarnya adalah untuk memecahkan dua dari tepi dan kemudian menggunakan langkah tertentu untuk menyelesaikan dua terakhir pada waktu yang sama. Sebelum Anda melakukan hal-langkah pastikan bahwa Anda telah memecahkan pusat kembali. Kadang-kadang sambil memecahkan 8 kelompok pertama tepi pusat akan terpecah (tapi hanya di baris jika Anda melakukannya dengan benar). Setelah Anda berhasil memecahkan 8 kelompok pertama tepi mengubah slice d untuk memperbaikinya lagi. Jika karena alasan tertentu pusat mendapat bercampur dan mereka tidak di baris lagi maka Anda harus kembali ke langkah 1 dan memperbaiki mereka semua lagi :-(

I. kubus Anda mungkin memiliki dua sisi dalam posisi ini,
* Catatan * Dalam diagram berikut abu-abu gelap sekarang melambangkan kelompok tepi dipecahkan

Tampilan Depan
Kanan Wajah View
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges12.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges13.gif

Sekarang pegang kubus Anda seperti pada diagram tampilan depan dan melakukan langkah d RF 'UR' F d '. Langkah ini akan memindahkan bagian biru-kuning dari kelompok tepi di sebelah kiri ke kanan, kemudian bergerak mendatang membalik kelompok ujung di sebelah kanan, setelah itu membalik langkah terakhir akan mengembalikan pusat dan akan memecahkan kedua tepi pada waktu yang sama. Sekarang Anda hanya memiliki kelompok tepi terakhir dua untuk memecahkan sehingga
pergi ke # 7 .

Kubus Anda mungkin berada dalam posisi yang sama seperti di atas kecuali salah satu tepi membalik seperti ini,
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges18.gif

Dari sini melakukan
bergerak dari # 4 untuk flip tepi di sebelah kiri kemudian menyelesaikannya dengan langkah di atas.

II. Kubus Anda mungkin sudah memiliki salah satu dari empat kelompok terakhir tepi dipecahkan sehingga sekarang Anda hanya memiliki tiga orak-arik kelompok tepi. Pertama, Anda harus memilih salah satu kelompok pinggiran, salah satu dari mereka, dan memilih salah satu dari potongan-potongan (untuk pindah untuk memecahkan kelompok tepi kedua potongan perlu dalam menghadapi u sehingga hal ini membantu untuk memilih sepotong sudah di Wajah u sehingga Anda tidak perlu flip itu). Dalam diagram mengatakan saya memilih potongan oranye-biru. Sekarang Anda perlu menemukan tepi lain dari warna yang sama dan meletakkannya di slice u juga (jika berada dalam wajah d hanya melakukan bergerak dari # 4 untuk flip itu). Setelah Anda selesai melakukannya terus kubus Anda seperti pada diagram tampilan depan / kiri dan lakukan gerakan tersebut
'L' d 'LF' FU d. Ini akan memindahkan bagian bawah dari kelompok ujung sisi kanan atas ke kiri dan menggantinya dengan potongan biru-oranye lainnya. Pergerakan terakhir memecahkan kelompok tepi dan mengembalikan pusat.
Depan / Kanan Wajah View
Depan / Kiri Wajah View
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges14.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges15.gif
Tampilan Depan
Kembali Lihat
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges16.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges17.gif

Dari sini memegang kubus seperti pada diagram tampilan depan dan melakukan langkah d ² 'UR' RF F d ². Jangan khawatir jika Anda tidak melihat kelompok tepi dipecahkan itu adalah pada diagonal lain dari kubus sekarang. Apa langkah ini tidak diletakkan potongan pada kelompok tepi depan kanan dan memindahkannya di samping satu di tepi diagonal dari kubus untuk menyelesaikannya. Sekarang Anda tentang selesai,
pergi ke # 7 .

7 Sekarang Anda hanya memiliki satu bergerak ke kiri dan Anda akan dilakukan dengan langkah 2.. Kubus Anda sekarang akan terlihat seperti ini dengan hanya dua kelompok tepi kiri untuk memecahkan (* CATATAN * warna pada kubus Anda mungkin berbeda karena Anda mungkin telah memecahkan kelompok tepi yang berbeda dalam proses langkah ini tapi langkah masih akan bekerja). Terakhir Anda dua sisi baik akan berdekatan satu sama lain atau di tepi berlawanan kubus.

I. Jika kubus Anda memiliki kelompok tepi terakhir dua berdekatan satu sama lain kemudian menggunakan bergerak dari # 4 mendapatkan dua sisi terakhir untuk terlihat seperti ini
Depan / Kiri View
Depan / Kanan View
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges19.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges20.gif

Dari sini memegang kubus seperti dalam Front / diagram Pandangan Benar dan melakukan langkah d RF 'UR' F d '. Ini akan memindahkan bagian oranye putih ke tepi kelompok di sebelah kanan kemudian flip bahwa kelompok tepi. Langkah terakhir yang mengembalikan pusat dan memecahkan kelompok tepi.

II. Jika kubus Anda memiliki dua sisi terakhir di diagonals berlawanan kubus kemudian menggunakan bergerak dari # 4 mendapatkan dua sisi terakhir untuk terlihat seperti ini
Tampilan Depan
Kembali Lihat
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges21.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges22.gif

Dari sini memegang kubus seperti pada diagram Tampak depan dan melakukan langkah d ² 'UR' RF F d ². Ini akan memindahkan bagian oranye putih untuk kelompok tepi lainnya, kemudian flip bahwa kelompok tepi, langkah terakhir mengembalikan pusat dan memecahkan kelompok tepi.

Ikhtisar

Kubus Anda sekarang harus terlihat seperti ini,
Front-Top View
Back-Bawah
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges-solved.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges-solved2.gif


Kubus Anda sekarang menjadi kubus 3x3x3 bergegas. Ada beberapa posisi yang tidak dapat terjadi pada 3x3x3 normal yang saya akan pergi bersamamu pada langkah 3. Anda telah sampai sejauh ini, hanya satu langkah lagi untuk pergi!













Bagian 1: Dalam langkah ini Anda akhirnya akan memecahkan kubus Anda. Apa yang Anda akan lakukan adalah memecahkan kubus Anda seolah-olah itu Cube 3x3x3 Rubik yang normal. Pertama-tama jika Anda masih tidak melihat bagaimana kubus Anda adalah 3x3x3 kemudian berpikir seperti ini
Biasa 4x4x4
4x4x4 Cube 3x3x3 sebagai
http://www.speedcubing.com/chris/images/revenge.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/4-3cube.gif

Semua harus Anda lakukan adalah memperlakukan kelompok pusat sebagai salah satu bagian pusat dan memperlakukan setiap kelompok bagian tepi sebagai salah satu bagian tepi dan Anda akan dapat memecahkan kubus Anda dengan cara yang sama seperti Cube Rubik normal. Ada dua posisi yang bisa datang meskipun bahwa Anda tidak akan mampu mengatasi dengan cara yang sama. Ada tiga hal total yang dapat terjadi dalam langkah ini. Entah kubus Anda akan memecahkan persis seperti kubus rubik dengan tidak ada masalah, dua sisi akan dialihkan, atau salah satu ujung akan membalik dan sisa kubus dipecahkan.

1. Kubus Anda mungkin sebaliknya dipecahkan tetapi dua sisi beralih. Bila itu terjadi terus kubus Anda seperti ini,
Tampilan Depan
Kembali Lihat
http://www.speedcubing.com/chris/images/edge-switch1.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/edge-switch2.gif

Pegang kubus seperti pada diagram tampilan depan dan melakukan langkah r ² ² U r ² ² u U ² r ² ² u. Langkah ini akan memecahkan dua sisi dalam banyak cara yang sama bergerak dari Langkah 1 akan memecahkan baris dua pusat yang diaktifkan.

I. Ada lagi posisi yang persis sama dengan yang di atas, di mana dua keping tepi yang diaktifkan hanya dalam hal ini potongan hanya diatur secara berbeda. Kubus Anda mungkin sebaliknya diselesaikan kecuali dua sudut yang diaktifkan. Berikut adalah beberapa contoh,
Sudut yang berdekatan beralih
Sudut diagonal berlawanan beralih
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges25.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/edges26.gif

Ini adalah posisi yang sama sebagai satu dengan dua sisi beralih kecuali sekarang ujung-ujungnya diselesaikan dan bahwa mengacaukan sudut. Karena posisi dasarnya sama Anda akan memperbaikinya dengan cara yang sama. Pegang kubus sehingga sudut-sudut yang perlu diaktifkan keduanya dalam menghadapi U dan kemudian melakukan langkah yang sama seperti di atas yang, r ² ² U r ² ² u U ² r ² ² u. Sekarang wajah atas akan semi-acak tapi solveable sekarang. Hanya pergi kembali lagi dan memecahkan kubus dengan cara yang sama Anda akan sebuah 3x3x3.

2. Jika kubus Anda masih tidak memecahkan maka posisi lain bisa dalam adalah memiliki seluruh kubus dipecahkan kecuali satu sisi adalah membalik seperti ini,
http://www.speedcubing.com/chris/images/edgeflip.gif

Sekarang pegang kubus Anda seperti pada diagram dan melakukan langkah
r ² ² B U ² ² l U r 'U ² ² r U F ² r ² F l' B ² r ²

Ingat bahwa langkah ini hanya mengoreksi orientasi kelompok tepi salah satu. Lapisan terakhir dari kubus mungkin masih semi-arik, dan Anda masih mungkin perlu untuk menyelesaikan menerapkan solusi 3x3x3 Anda untuk memecahkan kubus.

Disclaimer: Saya sering menerima e-mail yang mengatakan bahwa algoritma ini tidak benar dan bahwa ia meninggalkan kubus orang bergegas. Saya dapat meyakinkan Anda bergerak dengan benar ditulis. Jika setelah menerapkan algoritma ini kubus Anda benar-benar bergegas mencoba untuk membatalkan apa yang Anda lakukan. Jika Anda tidak dapat membatalkan apa yang Anda lakukan, kemudian kembali ke langkah 1 dan memulai kembali. Jika langkah ini meninggalkan kubus Anda bergegas silahkan kunjungi
halaman notasi dan pastikan Anda membaca notasi dengan benar.

Jika Anda tertarik dalam kecepatan pemecahan maka anda dapat menggunakan langkah berikut yang mengubah wajah lebih tetapi itu jauh lebih mudah untuk melakukan dengan cepat. Langkah ini akan mengacaukan kedua orientasi dari beberapa potongan sudut di lapisan U serta posisi dari beberapa kelompok tepi. Oleh karena itu jika Anda berencana untuk menggunakan kecepatan memecahkan bergerak saya sangat menyarankan Anda menggunakannya pada suatu titik di mana solusi Anda tidak peduli bahwa potongan akan bergegas sekitar sedikit di lapisan U. Anda tepi kelompok dan pusat akan tetap bersama-sama, namun kelompok tepi di lapisan atas akan bergerak di sekitar sedikit. Sebagai contoh saya menggunakan ini langkah yang tepat setelah saya selesai memecahkan dua lapisan pertama (saya menggunakan metode lapisan sebagai solusi saya ke 3x3x3) bila ada ganjil tepi menunjukkan warna yang benar atas. Jika Anda menggunakan kecepatan ini memecahkan bergerak, menyadari bahwa itu mengacaukan lapisan U sedikit.

Ok, jadi inilah langkah. Setiap kelompok bergerak dalam kurung dapat dilakukan pada waktu yang sama.
(R ² r ²) B ² ² U (L l) U ² (R 'r') U ² (R r) U ² ² F (R r) F ² ('l' L) B ² (R ² r ²).

Langkah pertama yang tercantum dalam bagian ini akan membalik hanya dua potong tepi dalam UF dan meninggalkan sisa kubus Anda dipecahkan. Yang kedua adalah karena jika Anda ingin melakukan langkah cepat, tapi hati-hati bahwa itu mengacaukan lapisan U sedikit.

3. Kedua kasus tambahan terjadi tepat kesempatan fifty-fifty untuk masing-masing. Juga jangan heran jika kubus Anda memiliki kombinasi dari kedua kasus tambahan, dengan dua sisi beralih dan salah satunya adalah membalik dan sisa kubus adalah normal.

Ikhtisar

Sekarang kubus Anda akan terlihat seperti ini,
Front-Top View
Back-Bawah
http://www.speedcubing.com/chris/images/cubesolved.gif
http://www.speedcubing.com/chris/images/cubesolved2.gif


Selamat Anda sekarang telah dipecahkan Rubik Pembalasan Anda! Setelah melakukan semua bergerak beberapa kali Anda akan sampai ke titik di mana mereka semua akan masuk akal dan Anda akan dapat memecahkan Dendam setiap kali Anda mengambilnya. Sekarang Anda dapat memecahkan Dendam jika Anda masuk ke kecepatan memecahkan maka Anda bisa mengirimkan kali Anda pada saya Dunia resmi Halaman Rekor .

Jika Anda menemukan masalah dengan solusi saya atau penjelasan membingungkan maka silakan
beritahu saya sehingga saya bisa membersihkan mereka.

PENTING

Jika, setelah melalui solusi saya dan melakukan bergerak persis seperti yang saya memiliki mereka dan kubus Anda datang ke sebuah posisi yang aneh seperti hanya satu bagian tepi yang membalik bukan kelompok tepi keseluruhan atau hanya satu sudut yang membalik searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam maka itu berarti kubus Anda perlu dibongkar. Untuk petunjuk tentang cara membongkar kubus Anda
klik di sini .


0 opmerkings on "Rumus lengkap cara bermain rubik 3x3"

Plaas 'n opmerking